Show simple item record

dc.contributor.authorUTAMA, Refana Widya
dc.date.accessioned2025-06-18T03:39:54Z
dc.date.available2025-06-18T03:39:54Z
dc.date.issued2023-04-06
dc.identifier.nim190210204113en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126632
dc.description.abstractAsesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian yang mengukur kemampuan literasi membaca dan numerasi sebagai hasil belajar kognitif. Nilai AKM siswa indonesia cenderung rendah dan soal pada AKM cenderung memiliki indikator menganalisis. Menganalisis merupakan indikator kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan analisis korelasi product moment. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan instrumen tes dan data dokumentasi hasil simulasi AKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara Asesmen Kompetensi Minimum dan Kemampan Berpikir Tingkat Tinggi pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN Jember Lor 03.Penelitian dilaksanakan di SDN Jember Lor 03 Kabupaten Jember. Subjek penelitian ini adalah 82 siswa kelas V. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis korelasi prodct moment. Hasil koefisien korelasi 0,478 yang lebih besar dari nilai r-tabel 0,213 sehingga hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara asesmen kompetensi minimum dan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa kelas V dengan hasil. Koefisien determinan yang dihasilkan adalah 23% berarti bahwa variabel asesmen kompetensi minimum mempengaruhi kemampuan berpikir tingkat tinggi sebanyak 23% dan sisanya berasal dari faktor lain berupa faktor internal yaitu tingkat kecerdasan, intelegensi, perhatian, minat, bakat motivasi dan kesiapan siswa, faktor eksternal yang mempengaruhi antara lain metode mengajar, relasi guru dan siswa, progam-progam di sekolah dan fasilitas mengajar.en_US
dc.description.sponsorshipProf. Dr. M. Sulthon, M.Pd. Dr.Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectASSESMEN KOMPETENSI MINIMUMen_US
dc.subjectKEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGIen_US
dc.subjectBANGUN RUANGen_US
dc.titleHubungan antara Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Pembelajaran Matematika Topik Bahasan Bangun Ruang pada Siswa Kelas V di SDN Jember Lor 03 Kabupaten Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. M. Sulthon, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Si.en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record