• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Hubungan antara Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Pembelajaran Matematika Topik Bahasan Bangun Ruang pada Siswa Kelas V di SDN Jember Lor 03 Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Tugas Akhir Refana Widya Utama_190210204113.pdf (2.261Mb)
    Date
    2023-04-06
    Author
    UTAMA, Refana Widya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian yang mengukur kemampuan literasi membaca dan numerasi sebagai hasil belajar kognitif. Nilai AKM siswa indonesia cenderung rendah dan soal pada AKM cenderung memiliki indikator menganalisis. Menganalisis merupakan indikator kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan analisis korelasi product moment. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan instrumen tes dan data dokumentasi hasil simulasi AKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara Asesmen Kompetensi Minimum dan Kemampan Berpikir Tingkat Tinggi pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN Jember Lor 03.Penelitian dilaksanakan di SDN Jember Lor 03 Kabupaten Jember. Subjek penelitian ini adalah 82 siswa kelas V. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis korelasi prodct moment. Hasil koefisien korelasi 0,478 yang lebih besar dari nilai r-tabel 0,213 sehingga hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara asesmen kompetensi minimum dan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa kelas V dengan hasil. Koefisien determinan yang dihasilkan adalah 23% berarti bahwa variabel asesmen kompetensi minimum mempengaruhi kemampuan berpikir tingkat tinggi sebanyak 23% dan sisanya berasal dari faktor lain berupa faktor internal yaitu tingkat kecerdasan, intelegensi, perhatian, minat, bakat motivasi dan kesiapan siswa, faktor eksternal yang mempengaruhi antara lain metode mengajar, relasi guru dan siswa, progam-progam di sekolah dan fasilitas mengajar.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126632
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15348]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository