Penguasaan Siswa Terhadap Kompetensi Mata Pelajaran Ujian Nasional : Gambaran Keberhasilan, Kegagalan, dan Faktor Penyebabnya, Serta Alternatif Solusinya Di Wilayah Propinsi Jawa Timur
View/ Open
Date
2013-10-07Author
Didik Sugeng Pambudi
Sunardi
Arju Muti’ah
Albertus Djoko Lesmono
Bambang Suharjito
Sri Wahyuni
Sutjitro
Metadata
Show full item recordAbstract
Data hasil Ujian Nasional (UN) siswa SMA pada tahun 2008, 2009, dan 2010 di wilayah Jawa Timur 3 masih cenderung fluktuatif, dan beberapa Standar Kompetensi dari semua matapelajaran UN masih ada yang gagal dikuasai siswa (nilai < 6,00). Permasalahan tersebut diselesaikan melalui Penelitian Pemetaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan tahun 2011. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengggunakan desain gabungan deskriptif-kualitatif dan pengembangan. Data yang diraih adalah gambaran keberhasilan dan kegagalan pencapaian nilai UN serta faktor yang mempengaruhinya, dan Standar Kompetensi yang belum dikuasai siswa. Untuk meningkatkan kualitas hasil UN ditawarkan alternatif strategi umum pembelajaran, kiat-kiat khusus dan kegiatan pendampingan belajar yang dapat diterapkan Guru di SMA.
Saran bagi Pemerintah dan sekolah agar memperbaiki pelaksanaan UN, dan bagi Guru perlu menguasai 4 kompetensi untuk melaksanakan tugasnya secara professional.