Show simple item record

dc.contributor.authorLailati Mukharomah
dc.date.accessioned2013-12-24T08:05:13Z
dc.date.available2013-12-24T08:05:13Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM090210102067
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12631
dc.description.abstractFisika adalah bidang ilmu yang banyak membahas tentang alam dan gejalanya, dari yang bersifat riil (terlihat secara nyata) hingga yang bersifat abstrak atau bahkan hanya berbentuk teori yang pembahasannya melibatkan kemampuan imaginasi atau keterlibatan gambaran mental seseorang yang kuat. Salah satu sebab fisika dikatakan sulit adalah pendekatan dan metode yang digunakan untuk mengajarkan konsep- konsep fisika seolah- olah menegaskan bahwa konsep- konsep fisika adalah kumpulan rumus- rumus. Oleh karena itu, untuk memahami pelajaran fisika, maka siswa diharapkan memiliki kemampuan untuk merepresentasikan konsep fisika secara verbal, matematik, gambar, dan grafik agar pembelajaran menjadi lebih bermakna. Salah satu model dan media pembelajaran yang dapat digunakan adalah model kooperatif tipe GI (Group Investigation) disertai media animasi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan representasi verbal, matematik, gambar dan grafik siswa setelah penggunaan model kooperatif tipe GI (Group Investigation) disertai media animasi dalam pembelajaran fisika serta mengkaji perbedaan antara hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan model kooperatif tipe GI (Group Investigation) disertai media animasi dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment. Kemudian desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Time-Series Design. Dalam penelitian ini terdiri dari 3 kali pembelajaran dan 3 kali analisis. Tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pakusari. Sampel penelitian ini adalah kelas X-1 ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap semua populasi yang ada, yakni kelas X dengan cara purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisis data menggunakan rumus N-gain untuk menjawab rumusan masalah yang pertama sampai keempat, untuk rumusan masalah yang kelima menggunakan uji t two tail dua pihak. Berdasarkan hasil analisis peningkatan kemampuan representasi gambar, grafik, matematik, dan verbal siswa berturut-turut adalah 0,73; 0,60; 0,69; dan 0,61. Berdasarkan hasil analasis dengan perhitungan menggunakan uji t dapat dilihat bahwa pada tiap pertemuan dengan db = 33 pada taraf signifikansi 0,05 (5%) diperoleh nilai t test = 20,086 ; 28,367; dan 26,657. Hal ini berarti, nilai t > t tabel , di mana nilai t untuk db = 33 dan taraf signifikansi 0,05 (5%) adalah 2,035, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan setelah menggunakan model kooperatif tipe GI (Group Investigation) disertai media animasi untuk meningkatkan kemampuan multirepresentasi siswa. tabel Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Peningkatan representasi verbal siswa menggunakan model kooperatif tipe GI (Group Investigation) disertai media animasi tergolong tinggi dengan tingkat N sebesar 0,73. (2) Peningkatan representasi matematik siswa menggunakan model kooperatif tipe GI (Group Investigation) disertai media animasi tergolong sedang dengan tingkat N gain sebesar 0,60. (3) Peningkatan representasi gambar siswa menggunakan model kooperatif tipe GI (Group Investigation) disertai media animasi tergolong sedang dengan tingkat N viii gain sebesar 0,69. (4) Peningkatan representasi grafik siswa menggunakan model kooperatif tipe GI (Group Investigation) disertai media animasi tergolong sedang dengan tingkat N sebesar 0,61. (5) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan model kooperatif tipe GI (Group Investigation) disertai media animasi, yakni hasil belajar siswa setelah menggunakan model kooperatif tipe GI (Group Investigation) disertai media animasi lebih tinggi daripada sebelum pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210102067;
dc.subjectModel Kooperatif Tipe GIen_US
dc.titlePenggunaan Model Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) disertai Media Animasi untuk Meningkatkan Kemampuan Multirepresentasi Siswa dalam Pembelajaran Fisika di SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record