• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penggunaan Model Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) disertai Media Animasi untuk Meningkatkan Kemampuan Multirepresentasi Siswa dalam Pembelajaran Fisika di SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Lailati Mukharomah - 090210102067_1.pdf (742.7Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Lailati Mukharomah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika adalah bidang ilmu yang banyak membahas tentang alam dan gejalanya, dari yang bersifat riil (terlihat secara nyata) hingga yang bersifat abstrak atau bahkan hanya berbentuk teori yang pembahasannya melibatkan kemampuan imaginasi atau keterlibatan gambaran mental seseorang yang kuat. Salah satu sebab fisika dikatakan sulit adalah pendekatan dan metode yang digunakan untuk mengajarkan konsep- konsep fisika seolah- olah menegaskan bahwa konsep- konsep fisika adalah kumpulan rumus- rumus. Oleh karena itu, untuk memahami pelajaran fisika, maka siswa diharapkan memiliki kemampuan untuk merepresentasikan konsep fisika secara verbal, matematik, gambar, dan grafik agar pembelajaran menjadi lebih bermakna. Salah satu model dan media pembelajaran yang dapat digunakan adalah model kooperatif tipe GI (Group Investigation) disertai media animasi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan representasi verbal, matematik, gambar dan grafik siswa setelah penggunaan model kooperatif tipe GI (Group Investigation) disertai media animasi dalam pembelajaran fisika serta mengkaji perbedaan antara hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan model kooperatif tipe GI (Group Investigation) disertai media animasi dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment. Kemudian desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Time-Series Design. Dalam penelitian ini terdiri dari 3 kali pembelajaran dan 3 kali analisis. Tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pakusari. Sampel penelitian ini adalah kelas X-1 ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap semua populasi yang ada, yakni kelas X dengan cara purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisis data menggunakan rumus N-gain untuk menjawab rumusan masalah yang pertama sampai keempat, untuk rumusan masalah yang kelima menggunakan uji t two tail dua pihak. Berdasarkan hasil analisis peningkatan kemampuan representasi gambar, grafik, matematik, dan verbal siswa berturut-turut adalah 0,73; 0,60; 0,69; dan 0,61. Berdasarkan hasil analasis dengan perhitungan menggunakan uji t dapat dilihat bahwa pada tiap pertemuan dengan db = 33 pada taraf signifikansi 0,05 (5%) diperoleh nilai t test = 20,086 ; 28,367; dan 26,657. Hal ini berarti, nilai t > t tabel , di mana nilai t untuk db = 33 dan taraf signifikansi 0,05 (5%) adalah 2,035, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan setelah menggunakan model kooperatif tipe GI (Group Investigation) disertai media animasi untuk meningkatkan kemampuan multirepresentasi siswa. tabel Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Peningkatan representasi verbal siswa menggunakan model kooperatif tipe GI (Group Investigation) disertai media animasi tergolong tinggi dengan tingkat N sebesar 0,73. (2) Peningkatan representasi matematik siswa menggunakan model kooperatif tipe GI (Group Investigation) disertai media animasi tergolong sedang dengan tingkat N gain sebesar 0,60. (3) Peningkatan representasi gambar siswa menggunakan model kooperatif tipe GI (Group Investigation) disertai media animasi tergolong sedang dengan tingkat N viii gain sebesar 0,69. (4) Peningkatan representasi grafik siswa menggunakan model kooperatif tipe GI (Group Investigation) disertai media animasi tergolong sedang dengan tingkat N sebesar 0,61. (5) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan model kooperatif tipe GI (Group Investigation) disertai media animasi, yakni hasil belajar siswa setelah menggunakan model kooperatif tipe GI (Group Investigation) disertai media animasi lebih tinggi daripada sebelum pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12631
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository