Show simple item record

dc.contributor.authorNINGRUM, Santika Ayu Husna
dc.date.accessioned2025-05-02T01:26:43Z
dc.date.available2025-05-02T01:26:43Z
dc.date.issued2023-03-30
dc.identifier.nim180210204215en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126147
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 2 Mei 2025en_US
dc.description.abstractInteraksi antara siswa dengan benda-benda konkret di sekitarnya dapat membangkitkan motivasi untuk lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Teori belajar Brunner dapat menjadikan pembelajaran lebih bermakna sehingga akan berpengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan teori Bruner dalam pembelajaran Matematika terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan luas bangun datar siswa kelas IV di SDN Bulupasar Kediri. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dan desain penelitian menggunakan desain quasi eksperimental dengan pola non-equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai kontrol dan kelas eksperimen yaitu kelas IVA dan IV B. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV A dan IV B yang berjumlah 44 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 22 siswa kelas IV A dan 22 siswa kelas IV B. Uji t yang dilakukan untuk menguji hipotesis diperoleh nilai sebesar 4,343, sedangkan untuk nilai ttabel menggunakan ketentuan taraf signifikansi 5% dan df 42, diperoleh nilai ttabel sebesar 1,628. Hasil perhitungan uji keefektifan relatif diperoleh nilai ER sebesar 45,44%, nilai ini termasuk dalam kategori keefektifan sedang. Setelah dilakukan perhitungan didapatkan nilai thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penerapan teori Bruner dalam pembelajaran Matematika terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan luas bangun datar siswa kelas IV di SDN Bulupasar Kediri.en_US
dc.description.sponsorshipProf. Dr. M. Sulthon, M.Pd. Agustiningsih, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectTEORI BRUNERen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN MATEMATIKAen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Teori Bruner dalam Pembelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Luas Bangun Datar pada Siswa Kelas IV di SDN Bulupasar Kedirien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. M. Sulthon, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Agustiningsih, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record