dc.contributor.author | NINGRUM, Santika Ayu Husna | |
dc.date.accessioned | 2025-05-02T01:26:43Z | |
dc.date.available | 2025-05-02T01:26:43Z | |
dc.date.issued | 2023-03-30 | |
dc.identifier.nim | 180210204215 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126147 | |
dc.description | Finalisasi oleh Taufik Tgl 2 Mei 2025 | en_US |
dc.description.abstract | Interaksi antara siswa dengan benda-benda konkret di sekitarnya dapat membangkitkan motivasi untuk lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Teori belajar Brunner dapat menjadikan pembelajaran lebih bermakna sehingga akan berpengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan teori Bruner dalam pembelajaran Matematika terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan luas bangun datar siswa kelas IV di SDN Bulupasar Kediri. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dan desain penelitian menggunakan desain quasi eksperimental dengan pola non-equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai kontrol dan kelas eksperimen yaitu kelas IVA dan IV B. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV A dan IV B yang berjumlah 44 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 22 siswa kelas IV A dan 22 siswa kelas IV B. Uji t yang dilakukan untuk menguji hipotesis diperoleh nilai sebesar 4,343, sedangkan untuk nilai ttabel menggunakan ketentuan taraf signifikansi 5% dan df 42, diperoleh nilai ttabel sebesar 1,628. Hasil perhitungan uji keefektifan relatif diperoleh nilai ER sebesar 45,44%, nilai ini termasuk dalam kategori keefektifan sedang. Setelah dilakukan perhitungan didapatkan nilai thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penerapan teori Bruner dalam pembelajaran Matematika terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan luas bangun datar siswa kelas IV di SDN Bulupasar Kediri. | en_US |
dc.description.sponsorship | Prof. Dr. M. Sulthon, M.Pd.
Agustiningsih, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | TEORI BRUNER | en_US |
dc.subject | HASIL BELAJAR | en_US |
dc.subject | PEMBELAJARAN MATEMATIKA | en_US |
dc.title | Pengaruh Penerapan Teori Bruner dalam Pembelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Luas Bangun Datar pada Siswa Kelas IV di SDN Bulupasar Kediri | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Prof. Dr. M. Sulthon, M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Agustiningsih, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | Taufik | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |