• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penerapan Teori Bruner dalam Pembelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Luas Bangun Datar pada Siswa Kelas IV di SDN Bulupasar Kediri

    Thumbnail
    View/Open
    TUGAS AKHIR SKRIPSI_SANTIKA AYU HUSNA NINGRUM (180210204215)_REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER.pdf (1.356Mb)
    Date
    2023-03-30
    Author
    NINGRUM, Santika Ayu Husna
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Interaksi antara siswa dengan benda-benda konkret di sekitarnya dapat membangkitkan motivasi untuk lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Teori belajar Brunner dapat menjadikan pembelajaran lebih bermakna sehingga akan berpengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan teori Bruner dalam pembelajaran Matematika terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan luas bangun datar siswa kelas IV di SDN Bulupasar Kediri. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dan desain penelitian menggunakan desain quasi eksperimental dengan pola non-equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai kontrol dan kelas eksperimen yaitu kelas IVA dan IV B. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV A dan IV B yang berjumlah 44 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 22 siswa kelas IV A dan 22 siswa kelas IV B. Uji t yang dilakukan untuk menguji hipotesis diperoleh nilai sebesar 4,343, sedangkan untuk nilai ttabel menggunakan ketentuan taraf signifikansi 5% dan df 42, diperoleh nilai ttabel sebesar 1,628. Hasil perhitungan uji keefektifan relatif diperoleh nilai ER sebesar 45,44%, nilai ini termasuk dalam kategori keefektifan sedang. Setelah dilakukan perhitungan didapatkan nilai thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penerapan teori Bruner dalam pembelajaran Matematika terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan luas bangun datar siswa kelas IV di SDN Bulupasar Kediri.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126147
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15754]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository