• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Praktik Perundungan di Kalangan Siswa SDN Sukabumi 7 Kota Probolinggo

    Thumbnail
    View/Open
    Yuli Saptiningtiyas_200910302013 (1.256Mb)
    Date
    2024-05-13
    Author
    SAPTININGHTIYAS, Yuli
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Maraknya kasus bullying yang terjadi di Indonesia saat ini seringkali dianggap normalisasi atau hal yang biasa. Hal tersebut terjadi karena tindakan bullying berkedok melatih untuk memperkuat mental seseorang padahal sebenarnya hal tersebut merupakan perbuatan kekerasan. Sebagian besar kasus bullying terjadi di dunia pendidikan. Sebanyak 41,1% pelajar mengaku pernah menjadi korban dalam bulying di sekolah. Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu untuk mengetahui penyebab bullying, bentuk bullying yang dilakukan, dan usaha yang dilakukan guru untuk mengatasi tindakan bullying di lingkungan sekolah SDN Sukabumi 7 Kota Probolinggo. Penelitian ini menggunakan konsep teori praktik sosial yang dikemukakan oleh Pierre Bourdieu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi dengan melakukan pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya tindakan bullying yang dilakukan oleh pelaku kepada korban memiliki beberapa faktor penyebab yang mana faktor tersebut berasal dari keinginan dan relasi sosial pelaku serta tindakan yang dilakukan oleh korban dan relasi yang dimilikinya. Bentuk bullying yang terjadi di SDN Sukabumi 7 Kota Probolinggo yaitu melalui non fisik dan fisik. Bullying non fisik dilakukan dengan cara verbal seperti hinaan bentuk fisik, nama orang tua, akademis, ekonomi siswa, dan identitas siswa yang berbeda serta juga dilakukan secara relasional dengan pengucilan dan pengabaian terhadap korban. Bahkan juga terjadi bullying fisik seperti berkelahi dengan memukul korban yang awalnya dipicu dari tindakan impulsif/iseng. Sehingga dalam hal ini komitmen dan sinergitas guru memiliki peran besar untuk mengatasi dan mencegah terjadinya bullying di lingkungan sekolah.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126099
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5619]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository