Pengembangan Media Flannel Board Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik pada Kelompok A2 di TK Pertiwi Kabupaten Jember
Abstract
Kemampuan berpikir simbolik merupakan salah satu aspek dari lingkup
perkembangan kognitif, dimana kemampuan berpikir simbolik merupakan aspek
yang juga sangat penting yang harus dicapai dan dimiliki oleh anak. Kemampuan
berpikir simbolik memiliki beberapa tingkat pencapaian perkembangan yaitu
membilang banyak benda satu sampai sepuluh, mengenal konsep bilangan,
mengenal lambing bilangan, danyang terakhir mengenal lambing huruf bilangan.
Adapun permasalahan yang diperoleh saat observasi awal di TK Pertiwi
Kabupaten Jember pada saat proses belajar mengajar di sekolah, guru hanya
menyebutkan saja ketika proses pembelajaran dari awal berlangsung hingga
selesai tanpa menggunakan media tambahan untuk mengajar, sehingga proses
belajar mengejar tentu tidak menarik bagi anak. oleh karena itu, penelitian ini
dilakukan dengan tujuan untuk 1) mendeskripsikan proses pengembangan media
flannel board untuk meningkatkan kemampuan berpikir simbolik pada kelompok
A2 di TK Pertiwi Kabupaten Jember; 2) mendeskripsikan efektifitas penerapan
pengembangan media flannel board untuk meningkatkan kemampuan berpikir
simbolik pada kelompok A2 di TK Pertiwi Kabupaten Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE
yang dikemukakan oleh Robert Maribe Branch. Produk yang dihasilkan dari
penelitian ini adalah Media Pembelajaran Flannel Board untuk Meningkatkan
Kemampuan Berpikir Simbolik pada anak. Media pembelajaran Flannel Board
ini digunakan untuk mencapai 4 tingkat capaian perkembangan anak yang sesuai
dengan Permendikbud 137 tahun 2014, dimana media ini dirancang dan dipilih
seringkas mungkin untuk mencapai seluruh tingkat perkembangan anak. Uji coba
media ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023 dengan
subjek anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi Kabupaten Jember yang berjumlah 17
anak (Kelompok A2).
Proses pengembangan media flannel board ini dilaksanakan dalam
beberapa tahap yaitu tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan
(development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Tahap
analisis dilakukan di TK Pertiwi Kabupaten Jember dengan menghasilkan analisis
kebutuhan, analisis kurikulum dan juga analisis karakter dari peserta didik yang
dibutuhkan dan sesuai dengan kebutuhan anak TK. Pada tahap desain, proses
perancangan suatu produk dari penelitian pengembangan dan sebelum peneliti
mendesain media flannel board untuk meningkatkan kemampuan berpikir
simbolik dengan membuat suatu rancangan kegiatan mengajar dengan
menggunakan media flannel board yang kemudian diarahkan pada langkahlangkah pelaksanaan dan peraturan bermain media tersebut sebagai kegiatan untuk
meningkatkan kemampuan berpikir simbolik pada anak. Pada tahap
pengembangan, dilakukan uji validasi oleh ahli dan revisi produk pengembangan
media flannel board, dengan hasil rata-rata skor dari dua validator adalah 4,23
untuk kelayakan teoritis, 4,7 untuk pengembangan media serta 4.17 untuk
kepraktisan. Hal ini menunjukan bahwa instrument yang disusun memenuhi unsur
kevalidan. Pada tahap implementasi, dilakukan uji coba penerapan pengembangan
media dengan hasil 80,5 dengan kelompok A2 dengan jumlah 17 anak di TK
Pertiwi Kabupaten Jember. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan media
flannel board yang disusun efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir
simbolik dan aktivitas belajar dikelas. Saran dari tahap evaluasi adalah perlunya
memperfokus indikator dan karakteristik yang lebih sesuai dengan anak kelompok
usia 4-5 tahun.