Show simple item record

dc.contributor.authorNISA, Nyimas Maghfirotun
dc.date.accessioned2025-03-25T02:59:29Z
dc.date.available2025-03-25T02:59:29Z
dc.date.issued2023-07-31
dc.identifier.nim180210101060en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125864
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 25 Maret 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractMenurut Prihandoko dalam Asmianti & Hidayah (2019) geometri adalah salah satu bagian dalam matematika yang diawali oleh sebuah titik. Titik tersebut dapat membentuk suatu garis yang dapat menyusun suatu bidang dan mengkontruksi macam-macam bangun datar dan segi banyak. Kemudian segi banyak dapat membentuk suatu bangun ruang. Geometri membutuhkan tingkat berpikir tinggi serta dapat memvisualisasikan gambar dengan baik, sehingga menyebabkan siswa kesulitan dalam belajar geometri (Yanty Putri Nasution, 2017). Strategi yang dapat membantu dalam mengatasi kesulitan siswa belajar geometri adalah dengan menggunakan level berpikir dalam teori belajar yang dikemukakan oleh van Hiele. Pelitian ini akan membahas pengaruh teori van Hiele melalui media tabung untuk meningkatkan pemahaman siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana kemampuan berfikir kreatif siswa dalam level visualisasi pada teori van Hiele? Bagaimana kemampuan berfikir kreatif siswa dalam level analisis pada teori van Hiele? Bagaimana kemampuan berfikir kreatif siswa dalam level pengurutan pada teori van Hiele? Bagaimana kemampuan berfikir kreatif siswa dalam level deduksi pada teori van Hiele? Bagaimana kemampuan berfikir kreatif siswa dalam level rigor pada teori van Hiele? Tujuan dalam penelitan ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berfikir kreatif siswa dalam level visualisasi pada teori van Hiele. Untuk mendeskripsikan kemampuan berfikir kreatif siswa dalam level analisis pada teori van Hiele.Untuk mendeskripsikan kemampuan berfikir kreatif siswa dalam level pengurutan pada teori van Hiele.Untuk mendeskripsikan kemampuan berfikir kreatif siswa dalam level deduksi pada teori van Hiele.Untuk mendeskripsikan kemampuan berfikir kreatif siswa dalam level rigor pada teori van Hiele. Manfaat dari penelitian ini diantaranya bagi siswa, dapat mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam berfikir kreatif melalui metode van Hiele. bagi guru, dapat memperoleh bahan ajar siswa terkait model pembelajaran van Hiele sebagai salah satu media pembelajaran matematika pada pokok bahasan tabung; bagi peneliti, dapat menambah pengetahuan dan wawasan tentang Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Berdasarkan Teori Van Hiele Dalam Menyelesaikan Permasalahan Tabung Pada Siswa Kelas VIII; bagi peneliti lain, sebagai referensi untuk penelitian lebih lanjut mengenai Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Berdasarkan Teori Van Hiele Dalam Menyelesaikan Permasalahan Tabung Pada Siswa Kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini akan dideskripsikan terkait tingkatan berpikir kreatif siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan soal yang diberikan. Daerah penelitian merupakan lokasi atau tempat yang dipilih untuk melakukan penelitian. Metode yang digunakan dalam penentuan daerah penelitian adalah purposive area yakni secara sengaja karena beberapa faktor pertimbangan. Pada penelitian ini, diambil siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Yosowilangun yang terdiri dari seluruh siswa dalam 1 kelas sebagai populasi, kemudian diberikan tes permasalahan matematika untuk mengkategorikan siswa berdasarkan metode van Hiele dan selanjutnya dilakukan observasi untuk mengetahui tingkat berfikir kreatif siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang berada pada tingkat tinggi di van Hiele tidak semuanya memiliki tingkat berfikir kreatif yang tinggi. Sedangkan siswa yang berada pada tingkat rendah di van Hiele juga tidak semuanya memiliki tingkat berfikir kreatif yang rendah. Hal ini dapat dilihat dari proses pengerjaan siswa tergantung pada pengalaman siswa dalam belajar dan proses yang dilakukan siswa yang beerbeda-beda dalam penyelesaian soal tes. Saran yang dapat diperikan peneliti yaitu bagi guru untuk mempertimbangkan mengetahui dan menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa dan bagi siswa, hendaknya meningkatkan kreatif dalam mengerjakan soal dan tidak terpaku pada rumus.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherKeguruan Dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectBerfikir Kritisen_US
dc.subjectTeori Van Hieleen_US
dc.subjectPendidikan Matematikaen_US
dc.titleAnalisis Kemampuan Berfikir Kreatif Berdasarkan Teori Van Hielle dalam Menyelesaikan Permasalahan Tabung pada Siswa Kelas VIIIen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Susanto, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Drs. Toto' Bara Setiawan, M.Si.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_maret_2025_19en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record