Efektivitas Pelaksanaan Program Indonesia Pintar di SMA Muhammadiyah 3 Jember
Abstract
Salah satu hal yang sangat penting bagi kemajuan suatu negara ialah adanya
pendidikan yang memadai. Seperti di negara - negara lain, Indonesia
menempatkan pendidikan sebagai prioritas utama dalam suatu pembangunan
nasional. Sesuai pada pasal 31 ayat 2 Undang – undang Dasar 1945 yang
berbunyi, “setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan
pemerintah wajib menbiayainya.” Namun fakta dilapangan, masih banyak warga
negara yang belum mendapatkan haknya dalam mengenyam pendidikan yang
layak. Faktor penyebab utamanya yaitu karena permasalahan kemiskinan, serta
faktor ekonomi keluarga. Maka dari itu, untuk mengatasi permasalah pendidikan
di Indonesia pada jenjang sekolah, pemerintah menggagas sebuah program yang
bernama Program Indonesia Pintar.
Program Indonesia Pintar ialah sebuah program bantuan pendidikan yang
ditujukan untuk siswa dari keluarga yang kurang mampu agar siswa yang
terbantu bisa menyelesaikan sekolahnya sampai dengan 12 tahun (lulus Sekolah
Menengah Atas / Sederajad). Namun pada proses pelaksanaannya baik dalam
proses penjaringan calon penerima bantuan program, sosialisasi,
penyelenggaraan serta monitoring dan evaluasi masih terdapat beberapa kendala.
Dengan demikian, peneliti ini bertujuan untuk melihat efektivitas pada
pelaksanaan Program Indonesia Pintar di SMA Muhammadiyah 3 Jember.
Jenis penelitian ini ialah penelitian evaluasi dengan menggunakan instrumen
penelitian berupa angket kuisioner. Untuk menentukan responden, peneliti
menggunakan metode probability sampling yaitu sampel penelitian memiliki
kesempatan yang sama sebagai sampel. Adapun sampel penelitian ini sebanyak
60 responden yaitu siswa SMA Muhammadiya 3 Jember yang menerima
Program Indonesia Pintar. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa
tingkat efektivitas pelaksanaan Program Indonesia Pinta di SMA
Muhammadiyah 3 Jember berjalan cukup efektif diukur dengan empat indikator,
yaitu Conteks, Input, Proses, dan Produk.
Indikator conteks PIP menganalisis tentang seberapa besar tingkat
efektivitas tujuan di gagasnya PIP dalam mengatasi permaslahan biaya
pendidikan di SMA Muhammadiyah 3 Jember, dan hasilnya cukup efektif
karena tujuan PIP telah sesuai yaitu untuk mengatasi permasalahan pembiayaan
pendidikan di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Kemudian indikator input PIP,
menganalisis tentang ketepatan sasaran PIP, juga telah berjalan cukup efektif.
Karena sebagian besar penerima PIP merupakan dari keluarga yang kurang
mampu, walaupun ada beberapa penerima yang masih kurang tepat sasaran.
Kemudian indikator yang ketiga yaitu Proses, pada indikator ini peneliti
menganalisis tentang pemahaman siswa terhadap hak, kewajiban serta
penggunaan dana PIP. Hasil dari penelitian yaitu cukup efektif karena sebagian
besar responden telah mengetahui hak, kewajiban, serta pemanfaatan dana PIP
untuk kebutuhan sekolahnya. Indikator yang terakhir yaitu indikator produk,
pada indikator produk menganalisis tentang seberapa besar dampak adanya PIP
terhadap siswa penerima PIP di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Peneliti
menganalisis diantaranya yaitu tentang bagaimana peran PIP dalam menambah
akses bantuan pendidikan kepada siswa yang kurang mampu, berkurangnya
tingkat putus sekolah, dan membantu mengurangi biaya pendidikan di SMA
Muhammadiyah 3 Jember. Dan hasinya juga cukup efektif, dimana siswa dapat
merasakan manfaat adanya PIP yaitu melalui terbantunya biaya pendidikan
mereka, serta ada juga siswa yang putus sekolah karena biaya pendidikan,
kemudian ditarik kembali untuk bersekolah.