Show simple item record

dc.contributor.authorKURNIAWAN, Imas Vicky
dc.date.accessioned2025-03-18T04:27:30Z
dc.date.available2025-03-18T04:27:30Z
dc.date.issued2024-07-10
dc.identifier.nim200210301131en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125778
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 18 Maret 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractSumber belajar menjadi salah satu bagian yang mempengaruhi dari komponen pembelajaran. Bahan ajar saat ini perlu disesuaikan dengan strategi pembelajaran untuk mengetahui kondisi siswa yang akan digunakan oleh guru. Pemanfaatan modul untuk menunjang proses pembelajaran, semata-mata bukan sekedar meningkatkan efektifitas dan kualitas proses pembelajaran, tetapi yang terpenting modul dapat meningkatkan penguasaan materi. Penguasaan materi siswa bisa didukung dengan mengadaptasikan teknologi digital dan informasi untuk memudahkan dalam pemahaman pada materi yang disampaikan. Melalui pembelajaran berbasis digital materi akan mampu memberikan tampilan yang beragam, proses pembelajaran akan lebih menarik, interaktif, dan tanpa adanya batasan ruang dan waktu, serta bisa menunjukkan sikap positif siswa pada pembelajaran. Berdasarkan perkembangan zaman yang ada menggunakan teknologi dalam pengembangan modul yang berganti menjadi e-modul agar lebih praktis karena tidak membutuhkan ruang lebih untuk dibawa kemana-mana, serta mampu diakses kapan saja oleh penggunanya. Pengembangan e-modul dengan bantuan aplikasi canva yang saat ini sudah banyak dilakukan para peneliti atau penggiat dalam bidang pendidikan dan berbagai macam mata pelajaran. Berbantuan aplikasi canva ini mampu menunjang pengembangan e-modul interaktif. Model pengembangan yang diterapkan dalam mengembangkan e-modul interaktif berbantuan aplikasi canva ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terbagi menjadi 5 tahapan yaitu Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Uji coba produk dilaksanakan sebanyak dua kali yaitu pada kelompok terbatas dan kelompok luas yang dilaksanakan setelah proses validasi oleh tim validator ahli materi, media, dan bahasa. Uji coba pada kelompok terbatas dilakukan di kelas XI-J SMAN 2 Tanggul Kabupaten Jember dengan 10 siswa. Uji coba kelompok luas dilakukan pada siswa kelas XI-I SMAN 2 Tanggul Kabupaten Jember dengan 36 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu uji tingkat daya tarik siswa. Hasil validasi ahli materi tahap memperoleh rata-rata sebesar 83,5% dengan kategori layak dengan beberapa revisi. Hasil validasi ahli media tahap memperoleh rata-rata sebesar 81,6% dengan kategori sangat layak dengan beberapa revisi, serta hasil validasi ahli bahasa sebesar 93,3% dengan kategori sangat layak, dengan beberapa revisi. Hasil Uji coba kelompok terbatas dilakukan terlebih dahulu pada kelas XI-J memperoleh hasil skor rata-rata sebesar 89% dengan kategori sangat menarik. Uji coba kelompok luas dilakukan pada kelas XI-I memperoleh hasil skor rata-rata sebesar 92% dengan kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil telah dikemukakan diatas dapat disimpulkan bahwa emodul interaktif berbantuan aplikasi canva merupakan bahan ajar yang layak dan menarik untuk pembelajaran ekonomi kelas XI di SMAN 2 Tanggul Kabupaten Jember untuk dijadikan bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectAplikasi Canvaen_US
dc.subjectPengembangan E-modul Interaktifen_US
dc.subjectADDIE Model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation)en_US
dc.subjectSMAN 2 Tanggulen_US
dc.titlePengembangan E-modul Interaktif Berbantuan Aplikasi Canva Pada Materi Inflasi Kelas XI SMAN 2 Tanggul Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2013/2024en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Ekonomien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Sukidin, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Lisana Oktavisanti Mardiyana, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Maret 2025en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record