Show simple item record

dc.contributor.authorROFI'AH, Siti
dc.date.accessioned2025-03-16T23:12:03Z
dc.date.available2025-03-16T23:12:03Z
dc.date.issued2024-02-26
dc.identifier.nim200210101009en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125746
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 17 Maret 2025en_US
dc.description.abstractPembelajaran berdiferensiasi menjadi salah satu aspek penting dalam kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear dengan tahapan APOS. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal berkaitan dengan tipe daya juang, sehingga dilakukan desain pembelajaran menggunakan tiga macam LKPD berbeda pada stimulus yang diberikan berdasarkan tipe adversity quotient. Penelitian ini menggunakan jenis ekperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan uji statistik terhadap hasil Penilaian Akhir Semester 1 dan dipilih kelas 10A SMA Negeri 1 Tenggarang, Bondowoso. Metode pengumpulan data menggunakan angket AQ, tes, dan wawancara. Data diolah menggunakan bantuan software PSPP dan analisis data menggunakan uji paired sampel t-test, one way anova, dan uji N-Gain. Hasil uji t menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) adalah 0,000 yang berarti terdapat pengaruh sebelum dan sesudah diterapkan model penemuan terbimbing terhadap kemampuan penyelesaian soal cerita dengan tahapan APOS. Hasil uji one way anova menunjukkan nilai Sig. adalah 0,431 yang berarti rata-rata kemampuan penyelesaian soal berdasarkan tiga tipe AQ adalah sama. Hasil uji N-Gain Score menunjukkan bahwa sebanyak 100% siswa mengalami kenaikan nilai dari pretest menuju posttest dengan kategori tinggi sebesar 40% dan kategori sedang sebesar 60% yang berarti model pembelajaran penemuan terbimbing efektif diterapkan dalam proses pembelajaranen_US
dc.description.sponsorshipSusi Setiawani, S.Si., M.Sc. Lioni Anka Monalisa, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectAPOSen_US
dc.subjectDESAIN PEMBELAJARANen_US
dc.subjectPENEMUAN TERBIMBINGen_US
dc.subjectADVERSITY QUOTIENTen_US
dc.subjectPROGRAM LINIERen_US
dc.titleEfektivitas Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing dalam Menyelesaikan Soal Program Linear dengan Tahapan APOS Ditinjau dari Adversity Quotienten_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Susi Setiawani, S.Si., M.Sc.en_US
dc.identifier.pembimbing2Lioni Anka Monalisa, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record