• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Soal Aljabar Model AKM dengan Konteks Sosial Budaya untuk Mengukur Kemampuan Numerasi Siswa SMP

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI DINA SANANDA_REPOSITORY.pdf (1.009Mb)
    Date
    2024-05-31
    Author
    SANANDA, Dina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Data Rapor Pendidikan Indonesia tahun 2023 memperlihatkan bahwa kemampuan numerasi siswa di Indonesia masih rendah. Salah satu penyebabnya karena siswa tidak suka mengerjakan soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan hasil pengembangan soal aljabar model AKM dengan konteks khusus, yaitu sosial budaya. Penggunaan konteks khusus dalam soal AKM diharapkan dapat menambah minat siswa untuk mengerjakan soal AKM. Penelitian ini menerapkan model pengembangan 4-D modifikasi. Langkah penelitian yang digunakan meliputi pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Soal AKM yang dikembangkan menggunakan konten aljabar, konteks sosial budaya, dan level kognitif yang knowing, applying, dan reasoning. Produk yang dikembangkan meliputi kisi-kisi, soal AKM dan kunci jawabannya, serta panduan penskoran. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-C SMPN 1 Wlingi Blitar. Skor tes siswa kemudian diproses dan diuji menggunakan pemodelan Rasch. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 10 butir soal memenuhi kategori valid karena telah memenuhi setidaknya salah satu kriteria validitas, diantaranya ialah Outfit Mean Square (MNSQ), Outfit Z-Standard (ZSTD), dan Point Measure Correlation (Pt Mean Corr) dengan masing-masing nilainya berturut-turut ialah 0,5 < 𝑀𝑁𝑆𝑄 < 1,5; −2,0 < 𝑍𝑆𝑇𝐷 < 2,0; dan 0,4 < 𝑃𝑡 𝑀𝑒𝑎𝑛 𝐶𝑜𝑟𝑟 < 0,85. Selain itu, soal telah memenuhi kriteria reliabel karena memiliki nilai reliabilitas 0,88. Pada penelitian ini, model Rasch membagi kelompok kemampuan numerasi siswa menjadi 2 kategori, yakni siswa berkemampuan numerasi rendah sebanyak 75% dan 25% lainnya berkemampuan numerasi tinggi.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125513
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15369]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository