• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Model Pembelajaran PAIKEM Terintegrasi Lumio by Smart Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Dengan Desain Assure

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI_HALIMATUS SYA'DHYAH_190210302013.pdf (3.052Mb)
    SKRIPSI_HALIMATUS SYA'DHYAH_190210302013.pdf (3.052Mb)
    Date
    2024-06-14
    Author
    SYA'DYAH, Halimatus
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Era 4.0, pendidik harus mampu menciptakan model pembelajaran yang bisa menumbuhkan motivasi belajar peserta didik serta dapat mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. Paradigma Merdeka Belajar mendorong pendidik untuk merancang pembelajaran inovatif, adaptif dan responsive untuk membantu peserta didik mencapai potensi dirinya serta memiliki kecakapan hidup. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan peserta didik di MAN 2 Jember, SMA Arjasa, dan SMAN 2 Jember ditemukan beberapa kesenjangan diantaranya; 1) model pembelajaran yang diterapkan kurang memotivasi (20,6%), kurang menyenangkan (30,9%), dan monoton (36,8%); 2) metode yang digunakan pendidik cenderung monoton (35,5%), kurang motivasi (19,1%) dan kurang menyenangkan (36,8%); 3) pendidik menggunakan metode pembelajaran campuran (77,9%), 4) kurangnya pemahaman dan kemampuan pendidik dalam pengelolaan kelas yaitu pendidik kesulitan mengarahkan peserta didik untuk bekerja sama dalam kelompok (66,6%), serta 5) media pembelajaran kurang menarik (44,7%). Rumusan masalah penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana hasil validasi ahli terhadap model pembelajaran PAIKEM terintegrasi Lumio by Smart sebagai model pembelajaran sejarah di SMA? 2)Bagaimana efektivitas model pembelajaran PAIKEM terintegrasi Lumio by Smart pada pembelajaran sejarah dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMA? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil validasi ahli terhadap model pembelajaran PAIKEM terintegrasi Lumio by Smart pada mata pelajaran sejarah di SMA, 2) Meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah melalui penggunaan model pembelajaran PAIKEM terintegrasi Lumio by Smart. Pengembangan model pembelajaran PAIKEM sudah melewati proses validasi ahli desain dengan memperoleh persentase sebesar 80% dengan kualifikasi baik dapat digunakan dengan revisi kecil. Uji validasi media memperoleh persentase sebesar 86 % dengan kualifikasi baik dapat digunakan dengan revisi kecil. Uji validasi materi memperoleh persentase sebesar 68 % dengan kualifikasi baik dapat digunakan dengan revisi kecil. Uji validasi bahasa memperoleh sebesar 77,5% dengan kualifikasi baik dapat digunakan dengan revisi kecil. Hasil penelitian diperoleh pada uji coba pengguna memperoleh hasil dengan kualifikasi “Sangat Baik”. Hasil uji coba kelompok kecil memperoleh nilai rerata skor sebesar 4,04 dengan kualifikasi “baik”. Pada uji coba lapangan memperoleh nilai rerata skor sebesar 4,37 dengan kualifikasi “sangat baik”. Sehingga terjadi peningkatan kualifikasi produk yang dikembangkan dari “baik” menjadi “sangat baik”. Selanjutnya, peneliti melakukan analisis peningkatan motivasi belajar peserta didik dengan memakai nilai pre angket dan post angket dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat perubahan. Data nilai pre angket dan post angket dianalisis menggunakan Uji-t. Hasil nilai angket pada uji coba kelompok kecil sebelum diterapkan model pembelajaran PAIKEM diperoleh sebesar 33.70 dan hasil nilai angket setelah diterapkan model pembelajaran PAIKEM sebesar 50.80, sehingga kedua angket tersebut diperoleh perbedaan rerata sebesar -17.10. hasil nilai angket pada uji coba lapangan sebelum diterapkan model pembelajaran PAIKEM diperoleh sebesar 33.82 dan hasil nilai angket setelah diterapkan model pembelajaran PAIKEM sebesar 48.71, sehingga kedua angket tersebut diperoleh perbedaan rerata sebesar -13.89. Dapat disimpulkan bahwa terdapat suatu peningkatan dimana setelah diterapkan model pembelajaran PAIKEM motivasi belajar peserta didik lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian bahwa model pembelajaran PAIKEM sudah tervalidasi ahli dan layak digunakan sebagai model pembelajaran pada mata pelajaran sejarah serta dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang diperoleh melalui data pre angket dan post angket yang telah diisi oleh peserta didik kelas XI IPS 3 MAN 2 Jember.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125501
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15369]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository