• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kajian Upaya Persiapan Penguasaan Materi Fisika SMA Berdasarkan Hasil Proporsi Jawaban Soal Ujian Nasional Tahun 2008, 2009, 2010

    Thumbnail
    View/Open
    Hovi Abdillah - 070210192101_1.pdf (1.202Mb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Hovi Abdillah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil proporsi jawaban soal UN merupakan indikator pencapaian kompetensi peserta didik dari setiap satuan pendidikan. Hasil proporsi jawaban soal UN sangat besar manfaatnya jika dikaji dan digunakan untuk upaya perbaikan proses belajar mengajar. Hasil proporsi jawaban soal UN ini dapat dimanfaatkan sebagai umpan balik bagi perbaikan proses pembelajaran dan peningkatan mutu pendidikan secara sistematis dan berkelanjutan, misalnya dengan melakukan persiapan-persiapan dalam proses belajar mengajar yang mengacu pada hasil proporsi jawaban soal UN tahuntahun sebelumnya. Penelitian dengan judul Kajian Upaya Persiapan Penguasaan Materi Fisika SMA Berdasarkan Hasil Proporsi Jawaban Soal Ujian Nasional Tahun 2008, 2009, 2010 merupakan penelitian deskriptif ex post facto yang bertujuan untuk mendeskripsikan soal apa saja yang proporsi jawabannya kurang dari 60%, mengetahui penyebab proporsi jawaban soal Ujian Nasional kurang dari 60% menurut guru fisika SMA, dan mengetahui upaya persiapan penguasaan materi fisika yang bisa dilakukan guru fisika SMA berdasarkan hasil proporsi jawaban soal Ujian Nasional (UN) tahun 2008, 2009. 2010. Berdasarkan hasil dokumentasi dari data aplikasi Monev PPMP 2011, dari 3 tahun pelaksanaan UN fisika SMA di kabupaten Pasuruan menghasilkan proporsi jawaban soal tertinggi yakni pada UN fisika SMA tahun 2009 dengan hanya 4 butir soal saja yang proporsi jawabannya kurang dari 60%, dan juga menghasilkan proporsi jawaban terendah yakni pada UN fisika SMA tahun 2008 dengan 16 butir soal yang memiliki hasil proporsi jawaban soal kurang dari 60%. Ada beberapa soal yang sering muncul pada UN dari tahun ke tahun dengan proporsi jawaban yang sama yakni kurang dari 60%, hal ini menunjukkan bahwa materi pada soal tersebut masih sangat kurang dipahami oleh siswa, sehingga diperlukan perhatian dan penanganan khusus dari guru fisika terhadap materi-materi tersebut, agar nantinya soal-soal pada materi tersebut proporsi jawabannya bisa mencapai 60% atau lebih dari 60% pada UN yang selanjutnya. Berdasarkan data yang diperoleh dari angket dengan responden guru fisika SMAN 1 Pandaan, SMAN 1 Kejayan, SMA Yayasan Pandaan, dan SMA Ma’arif NU Pandaan. Diketahui bahwa faktor penyebab daya serap soal UN belum mencapai KKM 60% antara lain : karena siswa kurang teliti dalam mengerjakan, siswa kurang memahami konsep, siswa tidak hafal rumus yang terlalu banyak, kemampuan berhitung (matematika) yang masih lemah, serta siswa kurang memahami konsep yang sulit direalisasikan (tidak ada media praktikum). Selain itu, menurut para guru fisika terdapat faktor lain yang juga sangat berpengaruh pada hasil proporsi jawaban soal UN, yakni : karena sekolah yang mempunyai input siswa dengan tingkat intake (kemampuan) menengah ataupun rendah sehingga kerumitan materi fisika menjadi sulit dipahami oleh siswa, serta kurang lengkapnya sarana prasarana yang bisa digunakan dalam pembelajaran (khususnya pada sekolah-sekolah pinggiran atau swasta). Upaya persiapan penguasaan materi fisika yang bisa dilakukan guru fisika SMA berdasarkan hasil proporsi jawaban soal Ujian Nasional (UN) tahun 2008, 2009. 2010 adalah dengan mengoptimalkan pembelajaran fisika yang menekankan pada pemahaman konsep (melalui otak kanan) bukan pada menghafal rumus (melalui otak kiri), siswa sering dilatih mengerjakan soal-soal Ujian Nasional (UN) dari tahun tahun sebelumnya agar siswa mengetahui dan terbiasa memahami karakteristik dari soal-soal Ujian Nasional (UN), melatih dan mengoptimalkan kemampuan berhitung (matematika), mengoptimalkan penggunaan laboratorium fisika, siswa dilatih berimajinasi tentang konsep yang sulit direalisasikan (abstrak) dan memahamkannya melalui media gambar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12550
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15334]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository