Show simple item record

dc.contributor.authorWIBAWATI, Tarisa Rania Putri
dc.date.accessioned2025-02-20T01:58:08Z
dc.date.available2025-02-20T01:58:08Z
dc.date.issued2024-04-19
dc.identifier.nim200210204002en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125454
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 20 Pebruari 2025en_US
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran untuk menunjang dimensi berkebhinnekaan global pada topik B kekayaan budaya Indonesia. Perlunya alat bantu pembelajaran serta bahan ajar yang bervariasi agar memudahkan komunikasi antara guru dengan peserta didik. Topik kekayaan budaya Indonesia termasuk ke dalam mata pelajaran IPAS kurikulum merdeka di mana memiliki salah satu profil pelajar Pancasila yaitu berkebhinnekaan global. Profil berkebhinnekaan global ini selaras dengan topik tersebut karena memuat indikator toleransi, komunikasi interkultural, serta refleksi dna tanggung jawab terhadap pengalaman kebhinnekaan. Media pembelajaran yang dikembangkan ialah flipbook digital. Subjek dari penelitian pengembangan ini ialah peserta didik kelas IV-A SDN Kebonsari 04 Jember. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan dari media pembelajaran flipbook digital. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan (R&D) oleh Borg and Gall dengan 8 tahapan, karena kedelapan tahapan tersebut telah dapat diketahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisannya. Media pembelajaran flipbook digital ini berbantuan aplikasi canva dan perangkat lunak flip pdf corporate. Hasil kevalidan memuat validasi produk, instrumen tes, angket respon, serta observasi sikap berkebhinnekaan global. Validasi produk media pembelajaran flipbook digital memperoleh persentase sebesar 85% (sangat layak dan valid), hasil validasi instrumen tes sebesar 83% (sangat layak), hasil validasi angket respon sebesar 84% (sangat layak), dan hasil validasi observasi sikap berkebhinnekaan global sebesar 82,5 (sangat layak). Hasil uji coba keefektifan melalui pretest-posttest peserta didik memperoleh persentase sebesar 84% (sangat efektif) serta hasil observasi sikap berkebhinnekaan global memperoleh skor 3,38 (sangat baik). Hasil uji kepraktisan melalui angket respon peserta didik memperoleh persentase sebesar 90,02% (sangat praktis).en_US
dc.description.sponsorshipChumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd Rizki Putri Wardani, M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectFLIPBOOK DIGITALen_US
dc.subjectBERKEBHINEKAAN GLOBALen_US
dc.subjectKEKAYAAN BUDAYA INDONESIAen_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital untuk Menunjang Dimensi Berkebhinnekaan Global Topik Kekayaan Budaya Indonesiaen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Rizki Putri Wardani, M.Pden_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Februari 2025en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record