Pengaruh Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Volume Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V Di SDN Jember Lor 03 Jember
Abstract
Matematika merupakan suatu ilmu yang berhubungan dengan penelahaan
bentuk-bentuk atau struktur yang abstrak, untuk memahaminya diperlukan model
pembelajaran yang tepat dan sesuai agar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif
tipe Numbered Heads Together terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini
menggunakan menggunakan desain quasi experiment dengan pola non-equivalent
control group design. Analisis data menggunakan Independent Sample T-test yang
didapatkan dari hasil pretest-posttest hasil belajar matematika. Hasil penelitian
menggunakan uji-t menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,012 <
0,05 dan nilai t-hitung > t-tabel sebesar 2,608 > 2,005 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil menunjukkan terdapat
pengaruh positif penggunaan model kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap hasil
belajar matematika materi volume bangun ruang pada siswa kelas V di SDN Jember Lor 03 dengan keefektifan relatif sebesar 25%.