• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Evaluasi Penilaian Autentik di SD Muhammadiyah 01 Ambulu

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (3.067Mb)
    Date
    2023-07-14
    Author
    MAHFUDDAH, Inggit Awanda Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Evaluasi merupakan suatu proses yang dilakukan untuk mendeskripsikan, mengumpulkan, menginterpretasikan dan menyajikan informasi agar dapat digunakan sebagai dasar membuat keputusan, menyusun kebijakan maupun menyusun program secara sitematis dan berkelanjutan. Tujuan dari kegiatan evaluasi adalah untuk memperoleh informasi yang akurat dan objektif tentang suatu program. Evaluasi program yang dimaksud dalam penelitian ini adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui apakah ada kesesuaian antara penilaian autentik di SD Muhammadiyah 01 Ambulu dengan standar penilaian autentik kurikulum 2013. Pada saat melakukan wawancara dengan guru kelas 1 SD Muhammadiyah 01 Ambulu ditemukan permasalahan bahwa guru belum yakin apakah instrumentasi terhadap penilaian autentik yang sudah diterapkan di sekolah sesuai dengan sistem penilaian kurikulum 2013. Hal ini dikarenakan sumber yang digunakan sebagai pedoman penilaian autentik hanya sebatas buku guru dan buku penunjang lainnya. Selain itu, dijelaskan juga bahwa selama ini guru merasa kesulitan dalam menerapkan penilaian autentik di sekolah, hal ini dikarenakan banyak sekali hal-hal yang harus dinilai dalam penilaian autentik. Terlebih guru kelas yang baru menerapkan kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil observasi, hasil wawancara, dan hasil dokumentasi terkait penilaian autentik di kelas I, II A, II B, III A, III B, IV A, IV B, V dan VI SD Muhammadiyah 01 Ambulu. Metode penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menelaah seluruh data yang diperoleh dari hasil dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian dipaparkan sebagai berikut: Kesesuaian penilaian autentik pada tahap masukan memperoleh skor rerata 3,99 dalam persentase 99,91% dengan kategori amat baik. Kesesuaian penilaian autentik pada tahap proses memperoleh skor rerata 3,98 dalam persentase 99,5% dengan kategori amat baik. Kesesuaian penilaian autentik pada tahap hasil memperoleh skor rerata 3,78 dalam persentase 94,66% dengan kategori amat baik. Secara keseluruhan hasil evaluasi penilaian autentik di SD Muhammadiyah 01 Ambulu memperoleh skor rerata 3,91 dalam persentase 98% dengan kategori amat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penilaian autentik di SD Muhammadiyah 01 Ambulu dalam rangka implementasi Kurikulum 2013 memperoleh tingkat ketercapaian 3,91 dari skala 4 atau deskriptif persentase sebesar 98% dengan kategori amat baik. Dari hasil kesimpulan tersebut diajukan saran bagi guru hendaknya memahami pedoman penyusunan RPP agar dapat membuat RPP dengan rinci dan teliti sehingga tidak ada komponen yang terlewatkan, menyusun RPP yang memuat rancangan penilaian sebaik mungkin dengan memerhatikan semua komponen penilaian, benar-benar memahami KI dan KD terkait agar dapat mengembangkan indikator setiap kompetensi, berinisiatif secara mandiri memperluas pengetahuan dan menambah referensi mengenai penilaian autentik dari berbagai sumber, dan dapat mengoperasikan aplikasi excel untuk meringankan pengolahan nilai sehingga perhitungan hasil penilaian dapat dilakukan secara otomatis dan lebih teliti. Dan bagi kepala sekolah hendaknya selalu memonitoring dan mengevaluasi kemampuan para guru dalam melaksanakan penilaian autentik agar dapat mengetahui penyebab jika guru mengalami kesulitan dalam melaksanakan penilaian autentik sehingga dapat ditentukan tindak lanjutnya.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125307
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository