Nilai-Nilai Sosial pada Video Tradisi "Manten Tebu" Desa Semboro Serta Pemanfaatannya sebagai Media Pembelajaran Audio Visual Siswa Kelas IV SDK ST. Sukoreno Jember
Abstract
Penananman nilai-nilai sosial melalui tradisi penting dilakukan dalam pembentukan
karakter individu. Tradisi dapat menjadi sarana menanamkan nilai sosial guna memperkuat
sikap sosial siswa dan memperkenalkan kearifan lokal di lingkungan sekitar. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan nilai sosial tradisi “Manten Tebu” Desa Semboro dan
pemanfaatannya sebagai media pembelajaran audio visual siswa sekolah dasar kelas IV.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan menggunakan rancangan penelitian
kualitatif. Penelitian deskriptif-kualitatif bertujuan mendeskripsikan keadaan yang
sesungguhnya dalam bentuk kata atau kalimat. Data penelitian ini yakni aktivitas, sikap, dan
perilaku masyarakat dalam pelaksanaan tradisi yang memuat nilai-nilai sosial. Data
dikumpulkan melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan yakni analisis data deskriptif kualitatif berdasarkan Miles dan Huberman yang
terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pada video tradisi “Manten Tebu” Desa Semboro memuat aktivitas,
sikap, dan perilaku masyarakat yang mencerminkan nilai-nilai toleransi, gotong-royong,
kepedulian sosial, dan kebersamaan. Nilai-nilai tersebut dimanfaatkan sebagai alternatif
media pembelajaran berbasis audio visual pada siswa kelas IV di semester genap pada tema
7 subtema 2 pada pembelajaran 3. Nilai-niali sosial pada tradisi “Manten Tebu” Desa
Semboro dapat dijadikan sebagai penanaman sikap sosial yang positif kepada siswa untuk
diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Kata kunci: nilai sosial, tradisi “Manten Tebu”, media pembelajaran audio visual