• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    FoMo dan Konsumsi Simbolik Mahasiswa Universitas Jember dalam Mengikuti Perkembangan Fashion

    Thumbnail
    View/Open
    Salma Yovena Ulilhaq (1.078Mb)
    Date
    2024-12-20
    Author
    ULILHAQ, Salma Yovena
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Saat ini fashion bukan hanya tentang memenuhi kebutuhan pakaian, tetapi menjadi alat komunikasi dalam mempresentasikan identitas sosial. Oleh karena itu, tidak jarang bagi sebagian orang, termasuk mahasiswa merasa FoMo terhadap fashion yang menjadikan mereka merasa untuk dapat terus merasakan pengalaman yang sama dengan orang lain, sehingga perasaan FoMo tersebut akhirnya mendorong konsumsi simbolik mahasiswa Universitas Jember terhadap tren fashion. Landasan Teoritis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Masyarakat Konsumsi milik Jean Baudrillard. Metode penelitian yang dipilih adalah metode kualitatif dengan pendekatan critical thinking. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa Universitas Jember mengalami FOMO karena media sosial, dengan terus melihat konten fashion di Instagram dan TikTok, serta karena lingkungan sekitar mereka. FoMo menjadi pendorong mahasiswa untuk dapat terus mengikuti tren fashion baru seperti "cewek bumi," "cewek mamba," dan "cewek kue" sebagai upaya untuk mempertahankan citra diri mereka di lingkungan sosial. Selain itu, kepemilikan barang fashion bermerek mahasiswa Universitas Jember seperti kerudung Lafiyee atau tas Holdrey digunakan sebagai simbol status sosial dan identitas. Konsumsi ini lebih didasarkan pada nilai tanda daripada nilai guna, mencerminkan simulasi yang diciptakan oleh media sosial. konsumsi simbolik ini dilakukan karena adanya kebutuhan untuk menciptakan dan mempertankan citra sosial mahasiswa melalui barang ber merek dan tren fashion.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125033
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5704]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository