Show simple item record

dc.contributor.authorSEKABA, Ernestine Agrippina
dc.date.accessioned2025-01-21T03:31:36Z
dc.date.available2025-01-21T03:31:36Z
dc.date.issued2024-10-18
dc.identifier.nim200210204203en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125015
dc.description.abstractMedia pembelajaran menjadi sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari guru kepada peserta didik. Penggunaan media pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara guru kelas I di SD Labschool FKIP Universitas Jember, diperoleh informasi bahwa kesulitan yang dialami dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila yaitu peserta didik kelas I SD sebagian belum dapat membaca. Hal ini menjadi kendala dalam memahami materi dalam buku pelajaran. Guru kelas I pernah menggunakan media pembelajaran, diantaranya media video dan gambar. Video digunakan untuk membantu guru bercerita mengenai materi kepada peserta didik. Peserta didik kurang terlibat dalam pembelajaran, karena hanya menonton. Berdasarkan hal tersebut, dibutuhkan media pembelajaran video animasi yang interaktif dan inovatif yang melibatkan respons peserta didik dan membantu peserta didik yang belum dapat membaca memahami materi. Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimanakah proses pengembangan media pembelajaran video animasi pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila unit 3 kelas I SD Labschool FKIP Universitas Jember?; dan (2) Bagaimanakah hasil kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan pengembangan media pembelajaran video animasi pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila unit 3 kelas I SD Labschool FKIP Universitas Jember? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dan model penelitian yang digunakan adalah Borg and Gall dengan 8 langkah yaitu: (1) Penelitian pendahuluan; (2) Perencanaan pengembangan produk; (3) Pengembangan desain produk awal; (4) Validasi desain produk; (5) Revisi desain produk awal: (6) Uji coba penggunaan; (7) Revisi desain produk; dan (8) Uji coba keefektifan. Pelaksanaan Uji coba penggunaan produk ini dilaksanakan di SD Labschool FKIP Universitas Jember, pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas I B SD Labschool FKIP Universitas Jember yang berjumlah 20. Metode yang dimanfaatkan untuk pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar observasi, lembar angket uji coba, tes hasil belajar peserta didik. Hasil pengembangan media pembelajaran video animasi pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Unit 3 Pembelajaran 3 memenuhi 3 kriteria, yaitu: (1) Valid, dibuktikan berdasarkan hasil validasi yang telah dilakukan oleh 3 validator yaitu 2 dosen PGSD FKIP Universitas Jember dan 1 guru SD Labschool FKIP Universitas Jember dengan skor mencapai 85,65% yang menunjukkan kriteria sangat layak; (2) Efektif, dibuktikan berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik menggunakan lembar tes hasil belajar, yaitu 85% dengan skor minimal 75 dengan kategori sangat efektif, dan (3) Praktis, dibuktikan dengan hasil olah data lembar observasi oleh observer pada saat proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran video animasi memperoleh nilai sebesar 78,5% dan termasuk dalam kategori praktis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Unit 3 Kelas I SD Labschool FKIP Universitas Jember valid, efektif dan praktis. Saran yang dapat diberikan, dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagi peserta didik, disarankan untuk lebih giat belajar membaca dan ikut aktif dalam pembelajaran; (2) Bagi guru, disarankan dapat mengembangkan media pembelajaran video animasi dalam memberikan pembelajaran yang interaktif bagi peserta didik; dan (3) Bagi peneliti lain, disarankan dapat mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi yang interaktif dan menarik bagi peserta didik.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Zetti Finali, S.Pd., M.Pd. Pembimbing Anggota Fathan Fihrisi, M.Pd.I.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectVideo Animasien_US
dc.subjectPendidikan Pancasilaen_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Video Animasi pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Unit 3 Kelas I SD Labschool FKIP Universitas Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Zetti Finali, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Fathan Fihrisi, M.Pd.Ien_US
dc.identifier.validatorKacung- 16 Desember 2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2025_01_tanggal 21en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record