Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Unit 3 Kelas I SD Labschool FKIP Universitas Jember
Abstract
Media pembelajaran menjadi sarana yang digunakan untuk menyampaikan
pesan dari guru kepada peserta didik. Penggunaan media pembelajaran sangat
penting dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara guru kelas I di
SD Labschool FKIP Universitas Jember, diperoleh informasi bahwa kesulitan
yang dialami dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila yaitu peserta didik
kelas I SD sebagian belum dapat membaca. Hal ini menjadi kendala dalam
memahami materi dalam buku pelajaran. Guru kelas I pernah menggunakan media
pembelajaran, diantaranya media video dan gambar. Video digunakan untuk
membantu guru bercerita mengenai materi kepada peserta didik. Peserta didik
kurang terlibat dalam pembelajaran, karena hanya menonton. Berdasarkan hal
tersebut, dibutuhkan media pembelajaran video animasi yang interaktif dan
inovatif yang melibatkan respons peserta didik dan membantu peserta didik yang
belum dapat membaca memahami materi.
Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan tersebut, maka rumusan
masalah dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimanakah proses pengembangan
media pembelajaran video animasi pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila unit
3 kelas I SD Labschool FKIP Universitas Jember?; dan (2) Bagaimanakah hasil
kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan pengembangan media pembelajaran video
animasi pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila unit 3 kelas I SD Labschool
FKIP Universitas Jember?
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan
Research and Development (R&D) dan model penelitian yang digunakan adalah
Borg and Gall dengan 8 langkah yaitu: (1) Penelitian pendahuluan; (2)
Perencanaan pengembangan produk; (3) Pengembangan desain produk awal; (4) Validasi desain produk; (5) Revisi desain produk awal: (6) Uji coba penggunaan;
(7) Revisi desain produk; dan (8) Uji coba keefektifan. Pelaksanaan Uji coba
penggunaan produk ini dilaksanakan di SD Labschool FKIP Universitas Jember,
pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Subjek uji coba dalam penelitian ini
adalah peserta didik kelas I B SD Labschool FKIP Universitas Jember yang
berjumlah 20. Metode yang dimanfaatkan untuk pengumpulan data yaitu
wawancara, observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Instrumen penelitian
yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar observasi, lembar angket uji
coba, tes hasil belajar peserta didik.
Hasil pengembangan media pembelajaran video animasi pada mata
pelajaran Pendidikan Pancasila Unit 3 Pembelajaran 3 memenuhi 3 kriteria, yaitu:
(1) Valid, dibuktikan berdasarkan hasil validasi yang telah dilakukan oleh 3
validator yaitu 2 dosen PGSD FKIP Universitas Jember dan 1 guru SD Labschool
FKIP Universitas Jember dengan skor mencapai 85,65% yang menunjukkan
kriteria sangat layak; (2) Efektif, dibuktikan berdasarkan persentase ketuntasan
hasil belajar peserta didik menggunakan lembar tes hasil belajar, yaitu 85%
dengan skor minimal 75 dengan kategori sangat efektif, dan (3) Praktis,
dibuktikan dengan hasil olah data lembar observasi oleh observer pada saat proses
pembelajaran menggunakan media pembelajaran video animasi memperoleh nilai
sebesar 78,5% dan termasuk dalam kategori praktis. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi pada mata pelajaran
Pendidikan Pancasila Unit 3 Kelas I SD Labschool FKIP Universitas Jember
valid, efektif dan praktis.
Saran yang dapat diberikan, dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagi peserta
didik, disarankan untuk lebih giat belajar membaca dan ikut aktif dalam
pembelajaran; (2) Bagi guru, disarankan dapat mengembangkan media
pembelajaran video animasi dalam memberikan pembelajaran yang interaktif bagi
peserta didik; dan (3) Bagi peneliti lain, disarankan dapat mengembangkan media
pembelajaran berbasis teknologi yang interaktif dan menarik bagi peserta didik.