Show simple item record

dc.contributor.authorROSIDAH, Kholifatur
dc.date.accessioned2025-01-21T03:22:12Z
dc.date.available2025-01-21T03:22:12Z
dc.date.issued2024-11-19
dc.identifier.nim200210204038en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125010
dc.description.abstractPenerapan kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka harus didukung dengan penggunaan bahan ajar yang secara aktif dapat dikembangkan dan menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Hasil wawancara pada guru kelas V SDN Tegalwangi 03 Jember dan SDN Antirogo 02 Jember menyatakan bahan ajar yang digunakan adalah buku paket dan LKS. Latihan soal yang terdapat di bahan ajar tersebut masih pada tahap kognitif C1, C2, dan C3. Sedangkan pada pembelajaran abad 21 peserta didik dituntut untuk memiliki keterampilan berpikir kritis dalam menyelesaikan permasalahan. Solusi dalam mengatasi permasalahan ini adalah dengan dilakukannya penelitian yang menghasilkan suatu pengembangan bahan ajar berupa LKPD berbasis HOTS mata pelajaran IPAS kelas V SD. Penelitian ini berfokus pada IPAS BAB 7 Daerahku Kebanggaanku Topik A Seperti Apa Budaya Daerahku. Adapun rumusan masalahnya adalah: (1) bagaimana proses pengembangan LKPD berbasis HOTS pada mata pelajaran IPAS BAB 7 Daerahku Kebanggaanku topik A Seperti Apa Budaya Daerahku kelas V SDN Tegalwangi 03 Jember; dan (2) bagaimana kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan pengembangan LKPD berbasis HOTS pada mata pelajaran IPAS BAB 7 Daerahku Kebanggaanku topik A Seperti Apa Budaya Daerahku kelas V SDN Tegalwangi 03 Jember. Proses pengembangan LKPD berbasis HOTS materi Daerahku Kebanggaanku topik A Seperti Apa Budaya Daerahku kelas V SDN Tegalwangi 03 Jember melalui model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahapan. Namun, peneliti hanya melakukan sampai pada tahap ke-8 dikarenakan sudah menjawab tujuan penelitian yaitu mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan dari produk yang dikembangkan. Adapun 8 tahapan yang digunakan antara lain: (1) penelitian pendahuluan; (2) perencanaan pengembangan produk; (3) pengembangan desain produk awal; (4) validasi desain produk; (5) revisi desain produk awal; (6) uji coba penggunaan; (7) revisi produk pengembangan; (8) uji coba keefektifan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis HOTS Mata Pelajaran IPAS BAB 7 Daerahku Kebanggaanku Topik A Seperti Apa Budaya Daerahku Kelas V SDN Tegalwangi 03 Jember diperoleh hasil bahwa produk valid, efektif dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran IPAS kelas V SD. Validasi produk dilakukan kepada 3 validator dan diperoleh hasil validasi 83% yang termasuk kategori sangat valid. Pengembangan LKPD berbasis HOTS memiliki kriteria efektif dengan skor t hitung lebih besar daripada t tabel (7,141 > 1,684) dan memiliki kategori keefektifan tinggi dengan skor 79,17%. LKPD berbasis HOTS yang dikembangkan juga memiliki kriteria sangat praktis dengan hasil 87,04%. Berdasarkan pengembangan dan penelitian yang sudah dilakukan, maka saran yang dapat diberikan yaitu sebagai berikut: (1) bagi peserta didik, sebaiknya mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik dengan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis HOTS yang dikembangkan, agar meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. (2) bagi pendidik, pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis HOTS sebaiknya dijadikan referensi pengembangan bahan ajar berupa LKPD. Pendidik juga diharapkan dapat mengembangkan bahan ajar berupa LKPD sesuai dengan kreativitas dan menyesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. (3) bagi peneliti lain, pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis HOTS sebaiknya dijadikan bahan rujukan untuk mengembangkan bahan ajar berupa LKPD dengan inovasi yang berbeda.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd. Pembimbing Anggota Dyah Ayu Puspitaningrum, SE., M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPengembanganen_US
dc.subjectLKPDen_US
dc.subjectHOTSen_US
dc.titlePengembangan LKPD Berbasis HOTS Pada Mata Pelajaran IPAS BAB 7 Daerahku Kebanggaanku Topik A Seperti Apa Budaya Daerahku Kelas V SDN Tegalwangi 03 Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)en_US
dc.identifier.pembimbing1Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dyah Ayu Puspitaningrum, SE., M.Si.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 6 Januari 2025en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2025_01_tanggal 21en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record