Show simple item record

dc.contributor.authorWIDIANINGRUM, Rizkiah Sekarayu
dc.date.accessioned2025-01-21T02:54:20Z
dc.date.available2025-01-21T02:54:20Z
dc.date.issued2024-08-06
dc.identifier.nim202110101154en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124999
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 21 Januari 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractSiswa kelas XII SMK merupakan salah satu kelompok remaja madya yang rentan mengalami stres akibat tuntutan dan tekanan menjelang kelulusan . Hal tersebut menjadi penting karena apabila tidak ditanggulangi akan mengganggu proses akademik siswa. Pembelajaran yang didapatkan oleh siswa SMK cenderung pada praktik dibandingkan dengan teori guna memeroleh skill terhadap pekerjaan yang dituju. Selain pembelajaran vokasi, tuntutan siswa SMK adalah ujian sebagai syarat kelulusan dan jobfair untuk bekal pasca lulus. Studi pendahuluan yang didapatkan dari SMK Negeri Klakah Kabupaten Lumajang menghasilkan tingkat stres siswa yang paling ringan sebesar 15% dan coping stress yang dominan yaitu Emotional Focused Coping sebesar 26%. Adapun stressor siswa berupa tidak siap melakukan ujian sebesar 23%, pemilihan karir/kuliah sebesar 17,5%, masalah internal sebesar 3%, manajemen waktu, dan pembelajaran produktif di jurusan. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan tingkat stres dengan coping stress pada keterserapan siswa SMK Negeri Klakah Kabupaten Lumajang di dunia kerja. Penelitian ini bersifat analitik dengan pendekatan kuantitatif dan desain cross sectional. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri Klakah Kabupaten Lumajang dengan populasi penelitian berjumlah 273 siswa kelas XII Jurusan Rekayasa dan Otomotif tahun 2023-2024 dengan tujuh bidang. Pemilihan sampel menggunakan Proportionate Random Sampling yang menghasilkan 163 sampel. Variabel yang diteliti yaitu coping stress dan tingkat stres siswa kelas XII SMK Negeri Klakah. Teknik pengambilan data melalui wawancara kepada guru BK, observasi, dokumentasi kegiatan, dan penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan analisis bivariat dengan uji Spearman. Hasil penelitian menunjukkan siswa SMK Negeri Klakah memiliki mayoritas usia 17-18 tahun sebesar 55,2% dan berjenis kelamin laki-laki dengan persentase sebesar 80,4%. Tingkat stres siswa paling banyak pada kategori paling ringan sebesar 62%. Stres yang dialami oleh siswa laki-laki lebih besar dibandingkan dengan perempuan yaitu sebesar 54,6%. Gejala yang muncul ketika siswa mengalami stres berupa tidak sabar dengan persentase sebesar 16,6% dan kesulitan tenang sebesar 22,1%. Coping stress siswa kelas XII SMK Negeri Klakah mayoritas menggunakan Problem Focused Coping sebesar 69,3% dan menggunakan jenis strategi Planful problem solving dan Seeking social support berupa mencari solusi penyelesaian masalah dengan persentase sebesar 54,6% dan upaya untuk mencegah masalah terjadi lagi dengan persentase 31,3%. Berdasarkan pemilihan coping stress, sebesar 57% siswa laki-laki dan 12,2% perempuan cenderung menggunakan Problem Focused Coping. Penelitian dilakukan menggunakan analisis bivariat dengan menggunakan uji korelasi Spearman menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara tingkat stres dengan coping stress pada keterserapan siswa SMK Negeri Klakah Kabupaten Lumajang di dunia kerja. Analisis ini dibuktikan dengan p-value>0,05 yaitu sebesar 0,985 yang berarti H0 diterima dan H1 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu siswa SMK Negeri Klakah sebagian besar berjenis kelamin laki laki berusia 17-18 tahun. Tingkat stres yang dialami siswa yaitu paling ringan dan stres paling banyak dialami oleh siswa laki-laki dibandingkan siswa perempuan. Selain itu, coping stress yang digunakan oleh siswa laki-laki maupun perempuan yaitu Problem Focused Coping. Saran dari penelitian ini yaitu menyediakan layanan konseling bagi siswa terkait stres, karir, dan pemilihan perguruan tinggi yang dilakukan saat menjelang kelulusan; bagi Fakultas Kesehatan Masyarakat melakukan edukasi stres dan coping stress, serta mengarahkan anak terkait karir dan perguruan tinggi; bagi peneliti menggali lebih dalam terkait stressor, coping stress siswa, dan melakukan penelitian menggunakan desain kualitatif.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama Iken Nafikadini, S.KM., M.Kes Dosen Pembimbing Anggota Erwin Nur Rif'ah, S.Sos., MA, Ph.Den_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Kesehatan Masyarakaten_US
dc.subjectCoping Stressen_US
dc.subjectKabupaten Lumajangen_US
dc.subjectTingkat Stress Siswaen_US
dc.titleHubungan Tingkat Stres dengan Coping Stress pada Keterserapan Siswa SMK Negeri Klakah Kabupaten Lumajang di Dunia Kerjaen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiKesehatan Masyarakaten_US
dc.identifier.pembimbing1Iken Nafikadini, S.KM., M.Kesen_US
dc.identifier.pembimbing2Erwin Nur Rif'ah, S.Sos., MA, Ph.Den_US
dc.identifier.validatorKacung- 6 Januari 2025en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record