Show simple item record

dc.contributor.authorZANDRADAFI, Javier Ghany
dc.date.accessioned2025-01-20T05:16:41Z
dc.date.available2025-01-20T05:16:41Z
dc.date.issued2024-10-17
dc.identifier.nim190210204261en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124972
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 20 Januari 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPermasalahan yang dialami oleh siswa kelas V SDN Banjarsengon 02, setelah melakukan asesmen diagnostik dengan tujuan untuk mengetahui gaya belajar siswa kelas VA SDN Banjarsengon 02, ternyata 80% siswa kelas V memiliki gaya belajar kinestetik 15% auditory dan 5% visual. Hal tersebut memungkinkan siswa belajar dengan cara bergerak, mendengar, bekerja, dan menyentuh. Gaya belajar kinestetik mengharuskan individu yang bersangkutan menyentuh sesuatu yang memberikan informasi tertentu agar dapat membuatnya memahami apa yang ingin disampaikan oleh guru. Namun nyatanya media yang digunakan untuk menyampaikan materi dalam kegiatan pembelajaran di SDN Banjarsengon 02 hanya menggunakan buku pedoman, media nyata, dan juga video Penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pembelajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan menyampaikan pesan dan isi materi yang disampaikan pada saat jam pembelajaran berlangsung Penggunaan media pembelajaran ketika jam pembelajaran berlangsung, hal tersebut dapat membantu siswa meningkatkan hasil belajar mereka. Hal tersebut membuat media pembelajaran sangat berguna bagi guru ketika menyampaikan materi yang ingin diajarkan selama pembelajaran berlangsung di bandingkan ketika guru menjelaskan materi dengan buku pedoman. Penggunakan media dalam kegiatan pembelajaran bertujuan untuk memberikan penyelesaian permasalahan yang dialami oleh siswa kelas V SDN Banjarsengon 02, setelah melakukan asesmen diagnostik dengan tujuan untuk mengetahui gaya belajar siswa kelas VA SDN Banjarsengon 02, ternyata 80% siswa kelas V memiliki gaya belajar kinestetik 15% auditory dan 5% visual. Hal tersebut memungkinkan siswa belajar dengan cara bergerak, mendengar, bekerja, dan menyentuh. Gaya belajar kinestetik mengharuskan individu yang bersangkutan menyentuh sesuatu yang memberikan informasi tertentu agar dapat membuatnya memahami apa yang ingin disampaikan oleh guru. Namun nyatanya media yang digunakan untuk menyampaikan materi dalam kegiatan pembelajaran di SDN Banjarsengon 02 hanya menggunakan buku pedoman, media nyata, dan juga video. Tujuan dari pembuatan media ular tangga digital pada materi pancasila dalam kehidupanku siswa kelas V sdn banjarsengon 02 adalah sebagai untuk menghasilkan sebuah media ular tangga digital serta untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan Pengembangan media ular tangga digital pada materi pancasila dalam kehidupanku siswa kelas V SDN Banjarsengon 02. Jenis penelitian yang digunakan yaitu R&D (Research and Development) atau dalam bahasa lain dinamakan penelitian dan pengembangan model ADDIE. Terdapat lima tahapan yang perlu dilakukan dalam penelitian ini yaitu (Analyze, design, develop, implement, evaluation). Proses pengembangan media ular tangga digital telah memenuhi kriteria kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Hasil dari uji kevalidan dengan ketiga validator memperoleh hasil 87,08% termasuk kategori sangat layak. Keefektifan produk yang dilihat dari hasil capaian hasil belajar melalui hasil posttest diketahui bahwa t-test diperoleh thitung sebesar 14,477 > 1,681, maka media ular tangga digital dinyatakan efektif dan memperoleh keefektifan relatif mencapai 74,07% termasuk ke dalam kategori efektivitas tinggi. Adapun hasil uji kepraktisan media ular tangga digital menggunakan angket respon peserta didik menunjukkan skor persentase sebesar 88,83% dengan kategori sangat praktis, sehingga media ular tangga digital sudah layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Zetti Finali, S.Pd., M.Pd Pembimbing Anggota Dyah Ayu Puspitaningrum SE., M.Sien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPengembangan Mediaen_US
dc.subjectUlar Tanggaen_US
dc.subjectMedia Digitalen_US
dc.subjectGaya Belajar Siswaen_US
dc.titlePengembangan Media Ular Tangga Digital pada Materi Pancasila dalam Kehidupanku Siswa Kelas V SDN Banjarsengon 02en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Zetti Finali, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dyah Ayu Puspitaningrum SE., M.Si.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 19 Desember 2024en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record