Show simple item record

dc.contributor.authorTANIA, Hibah Risqi
dc.date.accessioned2025-01-16T06:35:59Z
dc.date.available2025-01-16T06:35:59Z
dc.date.issued2024-05-04
dc.identifier.nim170210201029en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124909
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 16 Januari 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractInteraksi sosial positif dapat meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri, sedangkan interaksi negatif dapat menyebabkan keraguan dan rasa tidak aman. Untuk mencapai tujuan tersebut, harus menyusun strategi untuk memenuhi kebutuhan dan memaksimalkan potensi penduduk putus sekolah guna meningkatkan keterlibatan sosial mereka. Masyarakat tidak sekolah memiliki kebutuhan dan karakteristik yang berbeda dengan peserta didik pada umumnya, memerlukan perhatian khusus dalam hal pembinaan konsep dirinya, karena mereka menghadapi tantangan dan hambatan yang lebih kompleks dalam proses belajar mereka, seperti kurangnya fasilitas, waktu, dan dukungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara interaksi sosial dengan konsep diri warga belajar PKBM Miftahun Najah Kecamatan Kalibaru. Dengan rumusan masalah, “adakah hubungan antara interaksi sosial dengan konsep diri warga belajar PKBM miftahun najah kecamatan kalibaru?”. Dengan terlaksananya penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan kesadaran tentang pentingnya interaksi sosial dalam membentuk konsep diri yang positif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Jenis Penelitian yang digunakan yakni korelasi tata jenjang. Penelitian dilaksanakan di PKBM Miftahun Najah dengan teknik penentuan responden menggunakan purposive sampling yakni warga belajar PKBM Miftahun Najah dengan jumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yakni menggunakan angket dan dokumentasi. Angket penelitian terdiri dari 32 butir pertanyaan yang kemudian dianalisis menggunakan rumus korelasi tata jenjang dengan menggunakan SPPS versi 22. Hasil penelitian menyatakan bahwa ada hubungan yang signifikan antara interaksi sosial (X) dengan konsep diri (Y) warga belajar PKBM Miftahun Najah dengan nilai korelasi sebesar 0,892 yang artinya antar variabel tersebut memiliki hubungan dengan kategori sangat kuat. Selain itu, interaksi sosial dalam penelitian ini mencakup aspek keterbukaan dan rasa positif yang telah dimiliki individu. Peneliti juga melakukan analisis data pada tiap indikator. Analisis indikator interaksi sosial dalam penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan (berarti) antara variabel keterbukaan (X1) dengan konsep diri (Y) warga belajar diperoleh koefisien korelasi hubungan (korelasi) antara variabel keterbukaan (X1) dengan konsep diri (Y) warga belajar sebesar 0,880 atau tergolong dalam tingkat korelasi yang sangat kuat. Dan ada hubungan yang signifikan (berarti) antara variabel rasa positif (X2) dengan konsep diri (Y) warga belajar diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,890, yang berarti hubungan (korelasi) antara indikator keterbukaan dengan konsep diri warga belajar 0,890 tergolong dalam tingkat korelasi yang sangat kuat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasannya, dapat disimpulkan adanya hubungan yang signifikan dan sangat kuat antara variabel interaksi sosial dengan konsep diri, indikator keterbukaan dengan konsep diri, dan indikator rasa positif dengan konsep diri warga belajar. Serta, arah hubungan indikator-indikator tersebut positif atau bersifat searah. Dimana, interaksi sosial berperan penting dalam membentuk konsep diri dan identitas individu. Dampak pernyataan angket aspek keterbukaan terhadap interaksi sosial adalah positif. Serta, perasaan positif individu dapat meningkatkan konsep diri yang positif. Saran dari penelitian ini yaitu Lembaga dapat memberikan kesempatan atau kegiatan lebih kepada warga belajar yang membutuhkan interaksi sosial guna membentuk konsep diri warga belajar.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Dr. Niswatul Imsiyah, M.Pd.,M.CE Pembimbing Anggota Irliana Faiqotul Himmah, S.Pd.,M.Pd.,M.CEen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectInteraksi Sosialen_US
dc.subjectKonsep Dirien_US
dc.subjectWarga Belajar PKBMen_US
dc.titleInteraksi Sosial dengan Konsep Diri Warga Belajar PKBM Miftahun Najah Kecamatan Kalibaruen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Luar Sekolahen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Niswatul Imsiyah, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Irliana Faiqotul Himmah, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 13 November 2024en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record