• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Visualisasi Analisis Hubungan Kemampuan Computational Thinking dengan Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar dengan Pearson Correlation

    Thumbnail
    View/Open
    TugasAkhir-Skripsi-Cintania Syurga Alifa.pdf (2.306Mb)
    Date
    2024-07-26
    Author
    ALIFA, Cintania Syurga
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan teknologi memacu terjadinya perubahan dalam segala aspek kehidupan terutama pendidikan. Kebutuhan pendidikan pun sudah mengalami banyak perubahan karena banyaknya kemampuan manusia yang sudah dapat digantikan oleh teknologi. Maka dari itu, generasi penerus sangat membutuhkan kemampuan problem solving untuk dapat bertahan pada era perkembangan teknologi ini. Salah satu kemampuan problem solving yang berkaitan dengan teknologi yaitu kemampuan Computational Thinking. Kemampuan ini belum banyak diterapkan karena minimnya pengetahuan tentang Computational Thinking. Namun nyatanya kemampuan Computational Thinking dapat dikembangkan melalui bidang keilmuan lainnya. Salah satunya bidang Numerasi. Dalam penelitian ini dilakukan tes kuantitatif deskriptif untuk mendapatkan skor penilaian sebelum dan sesudah pelatihan Numerasi untuk mengetahui apakah bidang Numerasi yang diujikan (terdiri dari 2 topik yaitu Pemecahan Masalah dan Optimasi) berpengaruh pada peningkatan kemampuan Computational Thinking yang sesuai dengan topiknya. Penelitian ini menggunakan analisis visualisasi dengan bahasa Python dan metode Pearson Correlation yang didukung juga dengan visualisasi sebaran menggunakan bahasa Python. Hasil dari penelitian ini didapat bahwa keduanya memiliki keterkaitan yang kuat baik dalam topik Pemecahan Masalah maupun Optimasi. Memiliki pemahaman Numerasi yang baik berpengaruh dalam peningkatan pemahaman Computational Thinking yang lebih pesat. Selain itu, pengembangan pemahaman numerasi yang meningkat pada siswa Sekolah Dasar juga akan berpengaruh pada peningkatan pemahaman Computational Thinking.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124813
    Collections
    • UT-Faculty of Computer Science [1026]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository