Show simple item record

dc.contributor.authorALIFA, Cintania Syurga
dc.date.accessioned2025-01-14T06:15:39Z
dc.date.available2025-01-14T06:15:39Z
dc.date.issued2024-07-26
dc.identifier.nim201410103012en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124813
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 14 Januari 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPerkembangan teknologi memacu terjadinya perubahan dalam segala aspek kehidupan terutama pendidikan. Kebutuhan pendidikan pun sudah mengalami banyak perubahan karena banyaknya kemampuan manusia yang sudah dapat digantikan oleh teknologi. Maka dari itu, generasi penerus sangat membutuhkan kemampuan problem solving untuk dapat bertahan pada era perkembangan teknologi ini. Salah satu kemampuan problem solving yang berkaitan dengan teknologi yaitu kemampuan Computational Thinking. Kemampuan ini belum banyak diterapkan karena minimnya pengetahuan tentang Computational Thinking. Namun nyatanya kemampuan Computational Thinking dapat dikembangkan melalui bidang keilmuan lainnya. Salah satunya bidang Numerasi. Dalam penelitian ini dilakukan tes kuantitatif deskriptif untuk mendapatkan skor penilaian sebelum dan sesudah pelatihan Numerasi untuk mengetahui apakah bidang Numerasi yang diujikan (terdiri dari 2 topik yaitu Pemecahan Masalah dan Optimasi) berpengaruh pada peningkatan kemampuan Computational Thinking yang sesuai dengan topiknya. Penelitian ini menggunakan analisis visualisasi dengan bahasa Python dan metode Pearson Correlation yang didukung juga dengan visualisasi sebaran menggunakan bahasa Python. Hasil dari penelitian ini didapat bahwa keduanya memiliki keterkaitan yang kuat baik dalam topik Pemecahan Masalah maupun Optimasi. Memiliki pemahaman Numerasi yang baik berpengaruh dalam peningkatan pemahaman Computational Thinking yang lebih pesat. Selain itu, pengembangan pemahaman numerasi yang meningkat pada siswa Sekolah Dasar juga akan berpengaruh pada peningkatan pemahaman Computational Thinking.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Komputeren_US
dc.subjectComputational Thinkingen_US
dc.subjectVisualisasi Analisisen_US
dc.subjectKemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasaren_US
dc.titleVisualisasi Analisis Hubungan Kemampuan Computational Thinking dengan Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar dengan Pearson Correlationen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiInformatikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Fajrin Nurman Arifin S.T., M.Eng.en_US
dc.identifier.pembimbing2Qurrota A’yuni Ar Ruhimat, S.Pd., M.Sc.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Oktober_2024en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record