Show simple item record

dc.contributor.authorMisliyah
dc.date.accessioned2013-12-24T06:55:26Z
dc.date.available2013-12-24T06:55:26Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM080910201019
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12478
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan di RSUD Waluyo Jati Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Indeks kepuasan masyarakat (IKM) adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran data secara kualitatif dan kuantitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya. Indeks kepuasan masyarakat diperoleh melalui pengukuran terhadap 14 unsur IKM yang meliputi prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, kejelasan petugas pelayanan, kedisiplinan petugas pelayanan, tanggung jawab petugas pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, kecepatan petugas pelayanan, keadilan mendapatkan pelayanan, kesopanan dan keramahan petugas, kewajaran biaya pelayanan, kepastian biaya pelayanan, kepastian jadwal pelayanan, kenyamanan lingkungan serta keamanan pelayanan. Keempat belas unsur ini adalah unsur yang relevan, valid, dan reliabel yang harus ada dalam pengukuran indeks kepuasan masyarakat (IKM). Setiap pelayanan publik wajib melakukan pengukuran IKM secara berkala dan hal ini juga berlaku bagi Rumah Sakit. Selanjutnya lokasi penelitian yang penulis pilih adalah Rumah Sakit Umum Daerah Waluyo Jati Kraksaan Kabupaten Probolinggo. RSUD Waluyo Jati Kraksaan adalah rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Probolinggo, merupakan rumah sakit kelas C yang berdiri di lahan seluas 35.000 m2. Rumah sakit yang berkapasitas 192 tempat tidur ini didukung oleh sekitar 376 tenaga, baik pegawai negeri maupun honorer. Tenaga yang dimaksud diantaranya adalah 28 dokter, 188 paramedis, 146 non medis dan 14 pejabat strukrural. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian mengenai pengukuran indeks kepuasan masyarakat dikarenakan unit pelayanan di rumah sakit ini adalah unit pelayanan yang banyak dimanfaatkan masyarakat dalam hal pelayanan kesehatan. viii Jenis penelitian yang dipilih oleh penulis adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan sampel penelitian adalah pasien yang telah mendapatkan pelayanan sebanyak 98 orang/responden. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai September 2012 di RSUD Waluyo Jati Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan kuesioner. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis meliputi: teknik wawancara, teknik kuesioner dan teknik dokumentasi. Adapun data-data yang diperoleh penulis adalah berupa data yang berkaitan dengan pendeskripsian wilayah, jumlah pasien, dan pelayanan yang disediakan oleh pihak RSUD Waluyo Jati Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif yaitu dengan mengumpulkan data-data yang dinyatakan dengan angka-angka melalui alat ukur yang telah ditentukan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa untuk karakteristik responden, sebagian besar umur responden termasuk ke dalam kategori dewasa dini yaitu usia 18-40 tahun, jenis kelamin mayoritas berjenis kelamin laki-laki, tingkat pendidikan mayoritas tergolong pendidikan sedang (tamat SMP dan tidak tamat SMA) dan pekerjaan sebagian besar berprofesi sebagai petani. Unsur IKM yang memperoleh nilai tertinggi adalah unsur keamanan pelayanan dan unsur terendah adalah unsur kejelasan petugas pelayanan kenyamanan. Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) diperoleh nilai sebesar 65,75 yang termasuk kategori baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080910201019;
dc.subjectpelayanan kesehatanen_US
dc.titleANALISIS INDEPENDEN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) DI RSUD WALUYO JATI KRAKSAAN KABUPATEN PROBOLINGGOen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record