Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan PhET Simulation Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran fisika bertujuan untuk mengembangkan pemahaman pengetahuan dan kemampuan analisis. Kemampuan pemecahan masalah melibatkan siswa dalam memecahkan masalah dan menjadi tolak ukur dalam menilai siswa. Seringkali kemampuan memecahkan masalah menjadi landasan siswa dalam menyelesaikan masalah fisika. Penelitian ini menguji pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Pujer. Penelitian dilakukan pada kelas eksperimen sebagai kelas yang menerapkan model penemuan berbantuan Simulasi PhET dan kelas kontrol sebagai kelas pembanding. Hasil kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen mempunyai nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran penemuan berbantuan Simulasi PhET berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa pada materi getaran harmonik. Kelas eksperimen mempunyai pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dan mau mencari tahu secara mandiri. Kelemahan siswa dalam menyelesaikan masalah sering terjadi pada tahap pengecekan ulang baik pada kelas kontrol maupun eksperimen.