Pengaruh Media Kartu Domino Modifikasi terhadap Hasil Belajar dan Karakter Berkebhinnekaan Global Siswa Materi “Indonesiaku Kaya Budaya” Kelas IV
Abstract
Pendidikan memiliki peran penting dalam pembentukan karakter dan
kecerdasan seseorang. Pendidikan tidak hanya dilakukan untuk memberikan anak
kemampuan berpikir (kognitif), melainkan juga penanaman nilai dan norma di
masyarakat yang dapat dikemas dalam pendidikan karakter. Kualitas pendidikan
dipengaruhi oleh kurikulum yang dirancang dalam sistem pendidikan. Kurikulum
merdeka merupakan perubahan dari kurikulum 2013 yang bertujuan agar siswa dapat
memahami aspek kehidupan berbangsa dan beragama, dengan nilai-nilai Pancasila
sebagai dasar. Kurikulum merdeka mengusung profil pelajar Pancasila, yang memiliki
6 dimensi utama, termasuk berkebhinnekaan global.
Berkebhinnekaan global dianggap sebagai karakter yang penting untuk
ditumbuhkan pada generasi muda. Hasil beberapa penelitian menunjukkan bahwa
siswa SD kurang memahami profil pelajar Pancasila dan karakter berkebhinnekaan
global. Hal ini dapat dipengaruhi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran
yang efektif dalam penanaman karakter tersebut, selain itu hasil belajar siswa di
Indonesia juga menunjukkan angka yang rendah. Faktor ini dapat dipengaruhi oleh
kurangnya pemanfaatan media pembelajaran oleh guru. Proses pembelajaran yang
didominasi oleh metode ceramah dan diskusi, serta kurangnya keterlibatan siswa, juga
dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.
Salah satu cara dalam mengatasi permasalahan tersebut menggunakan media
pembelajaran kartu domino modifikasi. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu,
(1) apakah ada pengaruh dalam penggunaan media kartu domino modifikasi terhadap
hasil belajar materi Indonesiaku Kaya Budaya Kelas IV?, (2) apakah ada pengaruh
dalam penggunaan media kartu domino modifikasi terhadap karakter berkebhinnekaan
global materi Indonesiaku Kaya Budaya Kelas IV?, dan (3) apakah ada pengaruh dalam penggunaan media kartu domino modifikasi terhadap hasil belajar dan karakter
berkebhinnekaan global siswa materi Indonesiaku Kaya Budaya Kelas IV?
Penelitian ini merupakan sebuah penelitian quasi eksperimen pola penelitian
non-equivalen control group. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan sampel jenuh dengan membagi kelas IV A yang berjumlah 24 siswa dan
IV B berjumlah 25 siswa menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol secara random
menggunakan kelas yang sudah ada, tetapi terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas.
Kelas eksperimen diberikan treatment menggunakan media kartu domino modifikasi
dan kelas kontrol menggunakan media question box. Pengumpulan data pada
penelitian ini menggunakan wawancara, tes dan non tes serta dokumentasi. Penelitian
dilaksanakan di SD Hidayatul Murid Ampel Wuluhan Kabupaten Jember mulai
tanggal 9 sampai 22 juni 2023.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu domino modifikasi dapat
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan hasil nilai Sig. greenhouse-geisser
sebesar 0,000 < 0,05, berkebhinnekaan global siswa dengan hasil nilai Sig.
greenhouse-geisser r sebesar 0,036 < 0,05 serta secara simultan mendapatkan hasil
nilai Sig. Hotelling's Trace sebesar 0,000 < 0,05 dengan sumbangan relatif sebesar
83,1%. Berdasarkan hasil perolehan data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang
signifikan pada penggunaan media kartu domino modifikasi terhadap hasil belajar dan
berkebhinnekaan global siswa materi Indonesiaku kaya budaya kelas IV SD Hidayatul
Murid Ampel Kabupaten Jember. Saran dalam penelitian ini adalah bahwa hasil dari
penelitian ini dapat menjadi referensi dan pengalaman berharga dalam melakukan
penelitian selanjutnya. Selain itu, disarankan untuk melakukan penelitian
menggunakan lebih dari dua kelas agar dapat memperluas cakupan dan generalisasi
hasil dan persiapan yang matang sebelum melakukan penelitian juga dianggap penting
untuk mencapai hasil yang optimal.