• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agricultural Technology
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agricultural Technology
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kepuasan Pelanggan Kerupuk Uyel di UD Sekar Kabupaten Pasuruan

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI Alda Brilliant Arumdhani_161710301002_Analisis Kepuasan Pelanggan Kerupuk Uyel di UD Sekar Kabupaten Pasuruan.pdf (1.451Mb)
    Date
    2023-03-29
    Author
    ARUMDHANI, Alda Brilliant
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan bisnis kerupuk uyel di UD Sekar Kabupaten Pasuruan semakin meningkat. Semakin banyaknya usaha kerupuk uyel di Kabupaten Pasuruan dapat berdampak pada kepuasan pelanggan yang berakibat pada loyalitas pelanggan kerupuk uyel. Perusahaan ini berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, merupakan salah satu industri kerupuk yang hingga kini masih berdiri di Kabupaten Pasuruan. Persaingan bisnis yang semakin inovatif mengharuskan perusahaan merancang strategi guna mempertahankan eksistensinya. Perumusan strategi baru perlu dilakukan dengan adanya penilaian kualitas produk untuk mengetahui sejauh mana tingkat kinerja perusahaan maupun kepentingan pelanggan sehingga dapat dirumuskan strategi perbaikan layanan. Penelitian ini memiliki bertujuan untuk mengetahui atribut-atribut yang menentukan kepuasan pelanggan kerupuk uyel, mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap kerupuk uyel UD Sekar dan mengetahui upaya-upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Data sekunder diperoleh melalui studi pustaka yang berkaitan dengan penelitian. Metode analisis data pada penelitian ini diawali dengan uji validitas data dan uji reliabilitas data. Pengolahan data selanjutnya dilakukan perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA) sehingga dapat dirumuskan rekomendasi perbaikan kualitas layanan yang memungkinkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut mutu yang menentukan kepuasan pelanggan kerupuk uyel di UD Sekar terdiri atas variabel kepuasan dan kepentingan. Atribut kualitas dan kepentingan pada perusahaan tersebut dibedakan ke dalam rasa, aroma, tekstur, warna, harga, kemasan, varian rasa dan tahan lama. Tingkat kepuasan pelanggan yang dihasilkan pada metode CSI yaitu sebesar 70,75%. Hasil ini diartikan bahwa secara index kepuasan pelanggan kerupuk uyel berada pada kriteria puas. Kemudian rekomendasi perbaikan yang dapat dilakukan yaitu menambahkan varian rasa, memperbaiki desain kemasan dengan menambah informasi-informasi tentang produk dan perusahaan, pemilihan bahan dan formula yang tepat agar mendapatkan rasa yang paling baik untuk mencapai kepuasan pelanggan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124222
    Collections
    • UT-Faculty of Agricultural Technology [2741]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository