• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Profil Literasi Numerasi Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal AKM Konten Aljabar Berdasarkan Kemampuan Matematika

    Thumbnail
    View/Open
    DRAFT SKRIPSI FITRI KURNIA RACHMAWATI_190210101097_WATERMARK.pdf (1.003Mb)
    Date
    2023-11-17
    Author
    RACHMAWATI, Fitri Kurnia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Literasi numerasi adalah kemampuan dalam menerapkan simbol, angka, dan operasi hitung bilangan matematika untuk menyelesaikan permasalahan, menganalisis informasi yang disajikan dalam berbagai bentuk (tabel, grafik, bagan, diagram, gambar, dsb.) serta mengambil keputusan dalam kehidupan nyata. Literasi numerasi harus dimiliki oleh siswa SMA kelas XI untuk menghadapi dunia kerja maupun menenmpuh pendidikan tinggi pada abad 21. Literasi numerasi siswa dapat diukur melalui AKM dengan konten aljabar yang disajikan dalam berbagai konteks dunia nyata. Aljabar merupakan salah satu konten yang banyak digunakan dalam AKM karena aljabar memiliki berbagai peran dalam kehidupan sehari-hari. Perbedaan tingkat literasi numerasi dari hasil pengerjaan soal AKM disebabkan oleh kemampuan matematika siswa yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan literasi numerasi siswa SMA dalam menyelesaikan soal AKM konten aljabar berdasarkan kemampuan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 5 Juni 2023 sampai dengan 15 Juni 2023. Lokasi penelitian terletak di SMAN 2 Jember dengan subjek penelitian merupakan siswa kelas XI MIPA 5 yang terdiri dari 25 siswa dengan rincian 5 siswa dengan kemampuan matematika tinggi, 16 siswa dengan kemampuan matematika sedang, dan 4 siswa dengan kemampuan matematika rendah. Data kemampuan matematika diperoleh dari nilai rata-rata ulangan harian siswa pada semester genap. Berdasarkan rincian pengelompokan kemampuan matematika siswa kemudian dipilih 1 subjek dari setiap tingkat kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dengan teknik purposive sampling. Kriteria subjek yang dipilih adalah subjek belum pernah mengikuti tes Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes dan pedoman wawancara. Data yang dikumpulkan melalui tes tulis dan wawancara kemudian dianalisis, disajikan, dicek keabsahan datanya, serta dilakukan penarikan kesimpulan. Siswa dengan kemampuan matematika tinggi dikategorikan pada tingkat literasi numerasi mahir karena mampu memenuhi seluruh indikator literasi numerasi pada setiap proses kognitif pemahaman, penerapan, dan penalaran. Pada soal pemahaman, siswa dengan kemampuan matematika tinggi mengidentifikasi fakta matematika yang terdapat pada soal dan melakukan prosedur matematika dengan benar. Pada soal penerapan, menggunakan konsep matematika yang sesuai, menggunakan prinsip matematika dengan membuat dan menyatakan model matematika yang sesuai, serta menggunakan strategi dan operasi dengan benar. Pada soal penalaran, menganalisis data dan informasi yang diperoleh pada soal dengan menjelaskan langkah-langkah yang digunakan dan membuat kesimpulan disertai alasan untuk mendukung kesimpulannya dengan benar. Siswa dengan kemampuan matematika sedang dikategorikan pada tingkat literasi numerasi cakap karena hanya mampu memenuhi seluruh indikator proses kognitif pemahaman dan penerapan. Pada proses kognitif pemahaman, siswa dengan kemampuan matematika sedang mengidentifikasi fakta matematika yang terdapat pada soal dan melakukan prosedur matematika dengan benar. Pada soal penerapan, menggunakan konsep matematika yang sesuai, menggunakan prinsip matematika dengan membuat dan menyatakan model matematika yang sesuai, serta menggunakan strategi dan operasi dengan benar meskipun berbeda dalam pemilihan strategi dengan siswa kemampuan matematika tinggi. Pada soal penalaran, menganalisis data dan informasi yang diperoleh pada soal namun salah dalam memilih strategi dalam menganalisis dan membuat kesimpulan berdasarkan hasil analisis namun alasan yang digunakan untuk mendukung hasil analisis tidak tepat. Siswa dengan kemampuan matematika rendah dikategorikan pada tingkat literasi numerasi dasar karena hanya memenuhi indikator literasi numerasi pada proses kognitif pemahaman dan dua indikator pada proses kognitif penerapan. Pada proses kognitif pemahaman, siswa dengan kemampuan matematika rendah mengidentifikasi fakta matematika yang terdapat pada soal dengan benar, namun kurang teliti dalam melakukan prosedur matematika sehingga terdapat hasil perhitungan yang salah. Pada soal penerapan, menggunakan konsep matematika yang sesuai meskipun hanya konsep dasar, menggunakan strategi dan operasi dengan benar, namun tidak menggunakan prinsip matematika dengan membuat dan menyatakan model matematika yang sesuai. Pada soal penalaran, tidak menganalisis data dan informasi yang diperoleh pada soal karena tidak mampu menjelaskan langkah yang digunakan dan tidak mampu menjelaskan alasan untuk mendukung kesimpulan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123752
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15369]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository