• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI IPS SMAN 1 Tanggul Kabupaten Jember dalam Pembelajaran Berbasis Masalah

    Thumbnail
    View/Open
    analisis kemampuan berpikir kritis (repo).pdf (2.134Mb)
    Date
    2023-10-23
    Author
    CAHYONO, Febriyan Indra
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan berpikir kritis menjadi salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didik. Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan dalam memecahkan masalah. Peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kritis ditunjukkan dengan mereka menguasai kemampuan interpretasi, analisis, evaluasi, menginferesi, dan mampu mengungkapkan pendapatnya berdasarkan pengetahuan yang telah dipelajari. Kemampuan berpikir kritis ini perlu diterapkan dalam segala mata pelajaran supaya peserta didik terbiasa dalam mengaitkan permasalahan dengan materi yang telah dipelajari, menciptakan pendapat, membuat sebuah keputusan, dan dapat memahami materi yang telah diberikan oleh pendidik secara maksimal. Mata pelajaran ekonomi pada materi perpajakan dalam pembangunan ekonomi memerlukan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan yang terdapat dalam materi. Hal tersebut dikarenakan dalam materi tersebut terdapat permasalahan yang kompleks, sehingga membutuhkan pemahaman dan penganalisisan dalam menyelesaikan masalah. Pendidik dalam mendorong kemampuan berpikir peserta didik dapat menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS SMAN 1 Tanggul Kabupaten Jember dalam pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran berbasis masalah pada peserta didik kelas XI IPS SMAN 1 Tanggul Kabupaten Jember mata pelajaran ekonomi kompetensi dasar perpajakan dalam pembangunan ekonomi. Penentuan subjek penelitian menggunakan cara purposive. Data diperoleh dengan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumen. Metode analisis data menggunakan pendekatan deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keseluruhan indikator keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN 1 Tanggul Kabupaten Jember sebesar 72,03% (kategori tinggi). Hal ini terlihat melalui komponen-komponennya, antara lain komponen kemampuan interpretasi sebesar 80,36% (kategori tinggi), kemampuan inferensi sebesar 75% (kategori tinggi), kemampuan evaluasi sebesar 69,64% (kategori tinggi), dan kemampuan analisis sebesar 63,1% (kategori cukup). Kemampuan analisis memperoleh kategori cukup dikarenakan rata-rata kemampuan analisis yang terdiri dari pengkajian ide-ide memperoleh persentase 64,29% (kategori cukup), argumen memperoleh persentase 60,71% (kategori cukup), dan penganalisisan memperoleh persentase 64,29% (kategori cukup). Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat beberapa peserta didik yang masih belum mampu mengkaji ide-ide, memberi argumen, dan menganalisis argumen. Kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS SMAN 1 Tanggul Kabupaten Jember secara keseluruhan dapat dikategorikan tinggi, hal tersebut disebabkan pendidik menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Model pembelajaran berbasis masalah membuat peserta didik memiliki kemampuan berpikir kritis dalam proses pembelajaran, hal ini disebabkan model pembelajaran berbasis masalah memberikan permasalahan yang mudah ditemui oleh peserta didik diawal pembelajaran sehingga membuat peserta didik mengamati permasalahan, mengidentifikasi, menganalisis, mencari solusi dari permasalahan, berpikir logis, membuat keputusan dan menarik kesimpulan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123544
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15334]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository