Show simple item record

dc.contributor.authorZAHRA, Baiduri
dc.date.accessioned2024-08-08T07:34:02Z
dc.date.available2024-08-08T07:34:02Z
dc.date.issued2023-09-14
dc.identifier.nim1909190201064en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123256
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik_Lela Tgl 8 Agustus 2024en_US
dc.description.abstractPenelitian ini mengkaji keterkaitan antara kemampuan aparatur desa dengan kualitas pelayanan administrasi di Desa Ringintelu, Kecamatan Bangorejo, Kabupaten Banyuwangi. Berdasarkan observasi awal peneliti, peneliti meemukan bahwa terdapat pemicu terkait varibel-variabel yang peneliti gunakan. Yaitu kemampuan kerja dan kualitas pelayanan. Kualitas pelayanan di Desa Ringintelu dapat dikatakan cukup baik mengingat Banyuwangi merupakan Kabupaten terinovatif dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat. Insfrakturtur pada kantor desa juga sangat diperhatikan dari ruang pelayanan yang nyaman hingga fasilitas pendukung lainnya. Serta perangkat desa pada Desa Ringintelu minimal SLTA. Dimana tingkat pendidikan seseorang dapat mempengaruhi kemampuan kerja seseorang. Disisi lain pelatihan maupun lama bekerja dari seorang apatur desa juga turut mempengaruhi kemampuan kerja. Oleh karena hal tersebut peneliti sangat tertarik untuk meneliti apaka adanya pengaruh antara kemampuan kerja dengan kualitas pelayanan. Adapun indikator untuk mengukur variabel tersebut peneliti menggunakan pendapat dari Blanchard dan Hersey (1995) diyang mana untuk mengukur variabel tersebut terdapat tiga indikator yaitu kemampuan teknis, konseptual dan sosial. Adapun indikator yang digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan peneliti mengguanakan teori dari Zeithhaml, Parasuraman dan Berry (1990) yaitu SERVQUAL. Peneliti menggunakan uji statistik rank spearman. Hasil uji statistik menggunakan Rank Spearman menghasilkan angka 0,494. Selanjutnya angka yang diperoleh diuji signifikansinya dan menghasilkan angka hitung sebesar 7,250. Berdasarkan ketentuan tersebut dapat diketahui bahwa angka hitung>angka tabel (angka hitung=7,250 > angka tabel=1,982). Maka intrepetasi dari hasil tersebut adalah menolak H0 dan menerima H1. Artinya terdapat pengaruh antara kemampuan kerja terhadap kualitas pelayanan. Sedangkan hasil koefisien determinasi adalah sebesar 24% yang artinya variabel x mempengaruhi sebesar 24% terhadap kualitas pelayanan adapun sisanya 76% persen dipengaruhi oleh variabel lainnya. Hasil uji statistik tersebut akhirnya dapat memperkuat pendapat dari The Liang Gie (1999), Moenir (2014), Adya dan Atep (2003) bahwa kemampuan kerja aparatur merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kualitas pelayanan.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Drs. Supranoto, M.Si., Ph.D Dosen Pembimbing Anggota : Tree Setiawan Pamungkas, S.A.P., M.PAen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectKEMAMPUAN APARATUR DESAen_US
dc.subjectKUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASIen_US
dc.titlePengaruh Kemampuan Aparatur Desa terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi di Desa Ringintelu Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiIlmu Administrasi Negaraen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Supranoto, M.Si., Ph.Den_US
dc.identifier.pembimbing2Tree Setiawan Pamungkas, S.A.P., M.PAen_US
dc.identifier.validatorKacung- 12 Oktober 2023en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record