Industri Makanan Halal: Perbandingan Indonesia dan Malaysia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan membandingkan industri makanan halal Indonesia dan
Malaysia. Industri makanan halal di kedua negara akan dibandingkan menggunakan tiga indikator yaitu
sertifikasi halal, regulasi halal, serta strategi nation branding. Ketiga indikator ini akan di analisa menggunakan
konsep good governance dan nation branding. Hasilnya, dalam sertifikasi halal, Indonesia dan Malaysia
merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Dalam hal regulasi halal, Malaysia memiliki regulasi yang sudah
jelas sehingga memudahkan pihak luar yang ingin mendaftarkan produk. Sementara itu, regulasi halal
Indonesia masih kurang jelas. Dalam hal nation branding, Malaysia sudah mulai mengukuhkan posisinya di
kancah dunia melalui branding ‘global halal hub’. Sementara Indonesia juga ingin mengikuti langkah branding
yang sama. Indonesia dan Malaysia sama – sama negara mayoritas muslim. Dan ada indikasi justru hal ini malah
memperlambat pertumbuhan industri halal.