• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Science Technology Society (STS) Materi Usaha dan Energi terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Chintya Rahmawati Z (3.114Mb)
    Date
    2024-07-05
    Author
    RAHMAWATI Z., Chintya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Penelitian dilakukan di SMAN Darussholah, Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi, selama tahun ajaran 2023/2024. Kelas sampel ditentukan melalui uji homogenitas untuk mengetahui variasi nilai rapor kenaikan kelas X pelajaran fisika. Pengumpulan data dilakukan melalui tes (pretest dan posttest), observasi, dan dokumentasi. Data hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa dianalisis menggunakan uji-t, dengan kemampuan berpikir kreatif dievaluasi menggunakan indikator fluency, flexibility, originality, dan elaboration. Berdasarkan analisis data, hasil belajar siswa menunjukkan nilai rata-rata pretest sebesar 55.14, sedangkan nilai rata-rata posttest adalah 65.14. Perbedaan ini menghasilkan nilai uji T sebesar 0.009 < 0.05, menunjukkan perbedaan yang signifikan. Kemampuan berpikir kreatif juga dianalisis melalui 4 indikator. Pada pretest, indikator kelancaran menunjukkan skor 81.71 untuk kelas kontrol dan 81.14 untuk kelas eksperimen. Indikator keluwesan menunjukkan skor 65.71 untuk kelas kontrol dan 66.85 untuk kelas eksperimen. Indikator keaslian menunjukkan skor 49.14 untuk kelas kontrol dan 56.57 untuk kelas eksperimen. Indikator kerincian menunjukkan skor 56.57 untuk kelas kontrol dan 50.28 untuk kelas eksperimen. Pada posttest, skor indikator kelancaran adalah 83.42 untuk kelas kontrol dan 94.28 untuk kelas eksperimen. Indikator keluwesan menunjukkan skor 69.71 untuk kelas kontrol dan 81.71 untuk kelas eksperimen. Indikator keaslian menunjukkan skor 50.28 untuk kelas kontrol dan 69.71 untuk kelas eksperimen. Indikator kerincian menunjukkan skor 57.14 untuk kelas kontrol dan 66.85 untuk kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menunjukkan perbedaan signifikan antara nilai rata-rata pretest dan posttest. Perbedaan ini menghasilkan nilai uji T yang lebih kecil dari 0.05, menunjukkan bahwa model pembelajaran Science Technology Society (STS) berdampak pada peningkatan hasil belajar kognitif. Selain itu, kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan skor yang lebih signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol pada semua indikator setelah posttest. Kesimpulannya, model pembelajaran Science Technology Society (STS) memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123049
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository