Perlindungan Konsumen Atas Perubahan Klausula Baku Dalam Program Jugglenaut Oleh Pelaku Usaha Grab Bike (PT Solusi Transportasi Indonesia)
Abstract
Grab dengan aplikasinya meluncurkan fitur baru yang bernama challenge. Tantangan dalam sayembara tersebut bertema jungglenaut (tantangan), dalam tantangan yang diberikan oleh Grab yaitu setiap pengguna aplikasi Grab yang mengikuti tantangan tersebut harus menyelesaikan tantangan yang diberikan oleh Grab untuk mendapatkan reward (hadiah) sebesar Rp. 1.000.000’00- (satu juta rupiah). Zico Djagardo Simanjuntak merupakan salah satu pengguna aplikasi Grab dan mengikuti tantangan Jugglenaut tersebut. Setelah pengguna menyelesaikan tantangan Jugglenaut Zico mendapatkan notifikasi hadiah namun ternyata tidak menerima hadiah yang dijanjikan oleh PT Solusi Transpotasi Indonesia. Setelah dilakukan pengecekan melalui aplikasi Grab, ternyata terdapat syarat dan ketentuan yang berubah secara tiba-tiba dan perubahan tersebut didasari pencantuman klausula baku. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui dan memahami bentuk perlindungan hukum serta upaya penyelesaian sengketa yang terjadi antara konsumen dan pelaku usaha grab bike. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian yuridis normatif disertai dengan pendekatan perundang-undangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa masih ada pelaku usaha yang kurang mempertikan larangan-larangan pencantuman klausula baku yang diatur dalam Undang-Undang perlindungan Konsumen yang bisa mengakibatkan kerugian bagi konsumen, sehingga diperlukan perlindungan konsumen dan upaya penyelesaian bagi pihak yang dirugikan.
Collections
- UT-Faculty of Law [6214]