Show simple item record

dc.contributor.authorTIRTA PRIMASYAH HPS
dc.date.accessioned2013-12-24T04:40:47Z
dc.date.available2013-12-24T04:40:47Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM080210191002
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12289
dc.description.abstractPada proses pengembangannya melalui beberapa tahapan yaitu analisis kebutuhan, pemilihan topik, penyusunan diagram alir media, pelaksanaan produksi, uji validasi, dan pengemasan produk. Dalam proses pembuatan CD pembelajaran interaktif digunakan beberapa software untuk mendukung kinerja dari alat peraga. Kemudian hasil dari pengembangan ini adalah berupa alat peraga interaktif dan manual, CD pembelajaran interaktif, dan buku panduan yang dikemas dalam satu paket. Setelah proses produksi maka langkah selanjutnya adalah uji validasi produk oleh dua orang pakar komputer yang khusus menilai aspek atraktif, dan inetraktif kemudian dua orang pakar pendidikan yang khusus menilai kurikulum dan materi dan dua orang guru matematika SMPLB-A yang menilai materi dan desain secara umum. Berdasarkan hasil angket validasi dan analisis data maka didapat nilai uji validitas desain sebesar 87,91%. Dengan melihat Tabel Kriteria Validitas maka kriteria validitas media pembelajaran ini dinyatakan valid dan tidak perlu revisi dan langkah selanjutnya adalah uji coba media pembelajaran ini terhadap dua orang siswa tunanetra di SMPLB-A. Berdasarkan hasil angket validasi uji coba media pembelajaran yang dilakukan dengan cara wawancara maka didapat nilai uji validitas desain sebesar 92,85%. Dengan melihat Tabel Kriteria Validitas maka kriteria validitas media pembelajaran ini dinyatakan sangat valid dan tidak perlu revisi. Dari hasil penelitian didapat bahwa respon awal guru dan siswa tunanetra terhadap media pembelajaran ini sangat positif, terutama bagi siswa tunanetra yang nampak sangat senang dan bersemangat dari proses observasi awal hingga penelitian berlangsung. Kemudian siswa tunanetra dapat dengan mudah mengoperasikan media pembelajaran ini dan hasil latihan soal yang ada pada CD pembelajaran interaktif juga sangat baik. Jika melihat dari hasil penelitian dan dipenuhinya kriteria tersebut maka pengembangan alat peraga matematika berbasis audio ini layak digunakan dalam pembelajaran. Dan media pembelajaran ini juga memberikan motivasi dan semangat untuk mempelajari matematika dan juga rasa mandiri karena media pembelajaran ini bisa dioperasikan sendiri oleh siswa tunanetra.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210191002;
dc.subjectMATEMATIKA, AUDIO, KELILING DAN LUAS SEGITIGAen_US
dc.titlePENGEMBANGAN ALAT PERAGA MATEMATIKA BERBASIS AUDIO PADA POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS SEGITIGA UNTUK SISWA TUNANETRA SMPLB TPA JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record