Show simple item record

dc.contributor.authorROMADHONA, Ela
dc.date.accessioned2024-07-31T03:59:06Z
dc.date.available2024-07-31T03:59:06Z
dc.date.issued2023-07-28
dc.identifier.nim190910201011en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122799
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Efektivitas pelayanan dalam memberikan pelayanan pembuatan kartu keluarga melalui aplikasi SILAO Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Situbondo. Guna memberikan perlindungan, pengakuan, penentuan status pribadi serta status hukum bagi warga Kabupaten Situbondo, maka pemerintah berkewajiban untuk menyelenggarakan administrasi kependudukan secara adil serta dilaksanakan secara profesional tanpa adanya perlakuan diskriminatif. Dokumen kartu keluarga merupakan kartu identitas keluarga yang memuat data tentang nama, susunan, hubungan, dan jumlah anggota keluarga serta identitas keluarga. Proses pelayanan administrasi kependudukan, khususnya pelayanan penerbitan kartu keluarga dinyatakan pada UU Nomor 24 Tahun 2013. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Situbondo menerapkan layanan berbasis online untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh dokumen kependudukan. Pelayanan tersebut yaitu SILAO (Sistem Informasi Layanan Adminduk Online). Pelayanan online dinyatakan dalam Peraturan Kementerian Dalam Negeri No 7 Tahun 2019 tentang pelayanan Administrasi Kependudukan secara Daring. Kondisi pelayanan publik yang demikian menjadi tantangan di era digital terkait perkembangan teknologi informasi dirasa mampu dalam upaya memperbaiki kualitas pelayanan publik. Berdasarkan pada hasil observasi, dalam menggunakan aplikasi SILAO mengalami hambatan yaitu berkaitan dengan sistem infomasi yang mengalami erorr. Hambatan tersebut mengakibatkan pemohon menunggu beberapa waktu untuk dapat menyelesaikan permohonan pembuatan kartu keluarga. Berdasarkan hal tersebut proses input yang dilakukan oleh pemohon mengalami gangguan pada web sistem informasi layanan adminduk online sehingga output tidak dapat terselesaikan dengan maksimal. Berdasarkan fenomena dan permasalahan dilihat dari proses pengajuan pembuatan kartu keluarga di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Situbondo peneliti tertarik menilai efektivitas pelayanan pembuatan kartu keluarga melalui aplikasi SILAO. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Situbondo dengan kurun waktu 2 bulan. Fokus penelitian dalam skripsi ini pada efektivitas pelayanan pembuatan kartu keluarga yang berbasis online. Efektivitas pelayanan tersebut dpat difokuskan pada teori Agus Dwiyanto (2006) sebagai pisau analisis terhadap pelayanan melalui indikator produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumen. Alat yang digunakan yaitu perekam suara, pedoman wawancara, dan kamera. Informan kunci dalam penelitian ini yaitu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Situbondo, Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk, Kasi SIAK, dan Operator Pelayanan Online. Sedangkan informan umum yaitu pengguna layanan aplikasi SILAO yang dipilih dengan menggunakan teknik insidental. Teknik menguji keabsahan data yaitu menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik penyajian dan analisis data yaitu menggunakan Analisis Data Model Interaktif Miles, Huberman, dan Saldana (2014:10). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari proses pengumpulan data hingga analisis data yang telah dilakukan peneliti dari aspek dimensi kualitas, responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas sudah efektif. Akan tetapi, dimensi produktivitas menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan pembuatan kartu keluarga melalui aplikasi SILAO (Sistem Layanan Adminduk Online) masih kurang efektif. Bahwasanya produktivitas berkaitan dengan realisasi dan target mengalami penurunan di tahun 2022. Volume penerbitan pada aplikasi SILAO khususnya kartu keluarga juga mengalami penurunan di tahun 2022. Penurunan produktivitas pegawai dipengaruhi oleh mindset masyarakat yang mengurus dokumen kependudukan hanya saat dibutuhkan saja serta masih terdapat masyarakat yang belum bisa menggunakan layanan aplikasi SILAO.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Selfi Budi Helpiastuti, S.Sos., M.Si Dr. Sutomo, M.Sien_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.subjectKartu Keluargaen_US
dc.subjectAplikasi SILAOen_US
dc.titleEfektivitas Pelayanan Pembuatan Kartu Keluarga melalui Aplikasi SILAO di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Situbondoen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiIlmu Administrasi Negaraen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Selfi Budi Helpiastuti, S.Sos., M.Sien_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Sutomo, M.Sien_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Januari_2024_26en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_07_tanggal 10en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record