• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, SATISFACTION) DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) SUB POKOK BAHASAN LINGKARAN SMP KELAS VIII

    Thumbnail
    View/Open
    Siti Masruha_1.pdf (242.4Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Siti Masruha
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Secara umum proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas VIIIA SMP Negeri 1 Bangsalsari berjalan baik. Siswa-siswa di kelas VIIIA SMP Negeri 1 Bangsalsari cukup aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hal itu tercermin pada hasil pengelolaan pembelajaran oleh guru dan aktivitas siswa. Persentase aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada pertemuan pertama 88,9% dengan kategori baik, pada pertemuan kedua mencapai 90,7% dengan kategori baik, dan pada pertemuan ketiga mencapai 96,3% dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan perangkat pembelajaran tersebut telah memenuhi kriteria kepraktisan. Dari hasil aktivitas siswa, persentase aktivitas siswa yang relevan dengan pembelajaran berkisar 10% - 20% pada tiap-tiap pertemuannya. Sedangkan persentase aktivitas siswa yang tidak relevan dengan pembelajaran berkisar 0% - 5% pada tiap-tiap pertemuan bahkan persentase aktivitas siswa yang tidak relevan dengan pembelajaran menurun yaitu dari 2,08% menjadi 1,04% pada pertemuan kedua dan menjadi 0% pada pertemuan ketiga. Dari analisis angket respon siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Bangsalsari diperoleh bahwa lebih dari 80% seluruh siswa memberikan respon positif terhadap seluruh aspek yang ditanyakan dalam angket. Dari analisis tes juga diperoleh bahwa lebih dari 80% siswa di kelas VIIIA SMP Negeri 1 Bangsalsari mencapai skor minimal (skor 60). Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika model pembelajaran ARIAS dengan metode penemuan terbimbing (guided discovery) telah memenuhi kriteria keefektifan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12276
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15392]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository