Analisis Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI SMAN 3 Jember dalam Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Dilatasi
Abstract
Keaktifan belajar siswa merupakan kegiatan yang melibatkan emosional, fisik dan intelektual siswa dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Keaktifan belajar siswa diperlukan dalam pelaksanaan pembelajaran pada kurikulum merdeka. Sehingga dalam meningkatkan keaktifan belajar, guru perlu memperhatikan pemilihan strategi pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa yaitu pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keaktifan belajar siswa kelas XI SMAN 3 Jember dalam pembelajaran berdiferensiasi pada materi dilatasi. Penelitian menggunakan metode kualitatif yang dianalisis secara deskriptif dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI-6 SMAN 3 Jember. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan wawancara yang kemudian dianalisis dengan beberapa tahap yaitu analisis hasil validasi instrumen, analisis data hasil observasi, analisis data hasil wawancara, dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian, keaktifan belajar siswa kelas XI SMAN 3 Jember tergolong kategori baik dengan rata-rata sebesar 70,9%, dimana terdapat 11 siswa dengan tingkat keaktifan sangat baik, 19 siswa dengan tingkat keaktifan baik, dan 2 siswa dengan tingkat keaktifan cukup. Secara keseluruhan, siswa kelas XI-6 SMAN 3 Jember telah mencerminkan sub variabel keaktifan belajar siswa yaitu visual activities, oral activities, listening activities, writing activities, dan mental activities. Keaktifan belajar siswa berupa visual activities dan mental activities tergolong dalam tingkat keaktifan belajar sangat baik dengan persentasenya secara berturut-turut sebesar 85,94% dan 84,38%. Kemudian, keaktifan belajar siswa berupa oral activities, listening activities, dan writing activities tergolong dalam tingkat keaktifan baik dengan persentasenya secara berturut-turut sebesar 54,69%, 64,07%, dan 64,07%.