Pengaruh Media Pembelajaran Media Google Earth terhadap Keterampilan Berpikir Geografi dan Hasil Belajar Siswa
Abstract
Media pembelajaran dan kemampuan dalam menggunakan media pembelajaran dalam pendidikan sangat penting untuk hasil belajar yang diinginkan. Media atau model pembelajaran yang menarik dibutuhkan dalam mewujudkan keterampilan cara berpikir geografi, Salah satu media pembelajaran yang menarik yaitu Google Earth. Pada penelitian ini lebih berfokus pada Keterampilan berpikir geografi yang merupakan sebuah kemampuan intelektual dalam mempelajari, merenungkan, dan menyimpulkan serta mengimplementasikan secara keruangan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji pengaruh media pembelajaran Google Earth terhadap keterampilan berpikir geografi dan hasil belajar siswa. Keterampilan berpikir geografi memiliki 5 indikator yakni Ask geographic questions (mengajukan pertanyaan terkait geografi), Acquire geographic resources (memperoleh informasi terkait geografi), Ekspolre geographic data (Menjelajah/mengatur informasi geografi), Analyze geographic information (menganalisis informasi geografi), Act upon geographic knowledge (bertindak berdasarkan pengetahuan geografi). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain Posttest Only Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 jember. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu Mann-Whitney U-Test dengan bantuan aplikasi SPSS 24. Hasil penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu data kemampuan berpikir kritis siswa dan data hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan keterampilan berpikir geografi menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,003, sedangkan untuk hasil belajar siswa menunjukkan hasil nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Dari data tersebut dapat diambil keputusan bahwa media pembelajaran Google Earth berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir geografi dan hasil belajar siswa.