Show simple item record

dc.contributor.authorPURWATI, Ayu Endang
dc.date.accessioned2024-07-17T06:38:41Z
dc.date.available2024-07-17T06:38:41Z
dc.date.issued2023-07-05
dc.identifier.nim190210101024en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122565
dc.description.abstractMatematika memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia termasuk kebudayaan. Oleh sebab itu perlu adanya keterkaitan antara budaya dengan pembelajaran matematika di sekolah. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan guna mengetahui keterampilan geometri yang dimiliki siswa dalam menyelesaikan permasalahan kesebangunan dan kekongruenan yang berkaitan dengan etnomatematika pada ornamen Masjid Roudhotul Muchlisin di Jember. Terdapat lima keterampilan geometri yang harus dipenuhi siswa adalah keterampilan visual, keterampilan verbal, keterampilan menggambar, keterampilan logika dan keterampilan terapan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IX SMP Negeri 6 Jember. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua metode yaitu tes dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa kecenderungan subjek penelitian hanya mampu memenuhi tiga keterampilan geometri yaitu keterampilan visual, keterampilan logika dan keterampilan terapan. Keterampilan verbal hanya dipenuhi pada satu nomor soal dengan konsep kekongruenan yakni pada soal nomor 3 serta pada saat sesi wawancara. Keterampilan menggambar hanya mampu dipenuhi oleh siswa pada soal dengan perintah menggambar yakni soal nomor 2. Siswa dengan keterampilan logika akan dengan mudah menerapkan konsep geometri pada suatu objek nyata dan cenderung akan mampu memenuhi keterampilan terapan. Rekomendasi untuk meningkatkan keterampilan verbal dan menggambar siswa yaitu dengan cara mengidentifikasi keterampilan geometri siswa sejak dini.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectEtnomatematikaen_US
dc.subjectGeometrien_US
dc.subjectKesebangunanen_US
dc.subjectKekongruenanen_US
dc.titleAnalisis Keterampilan Geometri Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Kesebangunan dan Kekongruenan yang Berkaitan dengan Etnomatematika pada Ornamen Masjid Roudhotul Muchlisin di Jemberen_US
dc.title.alternativeANALYSIS OF STUDENTS' GEOMETRY SKILLS IN SOLVING SIMILARITY AND CONGRUENCE PROBLEMS RELATED TO ETNOMATHEMATICS IN THE ORNAMENT OF THE ROUDHOTUL MUCHLISIN MOSQUE IN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr.Susanto, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr.Erfan Yudianto, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_iswahyudi_Mei_2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_07_tanggal 10en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record