Analisis Keterampilan Geometri Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Kesebangunan dan Kekongruenan yang Berkaitan dengan Etnomatematika pada Ornamen Masjid Roudhotul Muchlisin di Jember
Abstract
Matematika memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia termasuk kebudayaan. Oleh sebab itu perlu adanya keterkaitan antara budaya dengan pembelajaran matematika di sekolah. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan guna mengetahui keterampilan geometri yang dimiliki siswa dalam menyelesaikan permasalahan kesebangunan dan kekongruenan yang berkaitan dengan etnomatematika pada ornamen Masjid Roudhotul Muchlisin di Jember. Terdapat lima keterampilan geometri yang harus dipenuhi siswa adalah keterampilan visual, keterampilan verbal, keterampilan menggambar, keterampilan logika dan keterampilan terapan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IX SMP Negeri 6 Jember. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua metode yaitu tes dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa kecenderungan subjek penelitian hanya mampu memenuhi tiga keterampilan geometri yaitu keterampilan visual, keterampilan logika dan keterampilan terapan. Keterampilan verbal hanya dipenuhi pada satu nomor soal dengan konsep kekongruenan yakni pada soal nomor 3 serta pada saat sesi wawancara. Keterampilan menggambar hanya mampu dipenuhi oleh siswa pada soal dengan perintah menggambar yakni soal nomor 2. Siswa dengan keterampilan logika akan dengan mudah menerapkan konsep geometri pada suatu objek nyata dan cenderung akan mampu memenuhi keterampilan terapan. Rekomendasi untuk meningkatkan keterampilan verbal dan menggambar siswa yaitu dengan cara mengidentifikasi keterampilan geometri siswa sejak dini.