Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Videocribe untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Kubus dan Balok
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk yang diuji
kevalidan, kepraktisan serta keefektifannya berupa video pembelajaran yang dapat
meningkatkan pemahaman siswa SMP kelas VIII dengan bantuan aplikasi
Videoscribe pada materi Kubus dan Balok. Model pengembangan yang digunakan
pada penelitian ini adalah model model Plomp Modifikasi yang terdiri dari empat
fase yaitu fase Investigasi, fase desain, fase realisasi, dan fase tes. Media yang
dikembangkan berupa Video Pembelajaran matematika yang disimpan dalam
bentuk MP4 kemudian dibagikan melalui kelas online Google Drive. Penelitian ini
dilakukan di MTs Negeri 9 Banyuwangi yang terdiri dari 28 siswa kelas VIIIE.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pengembangan dinyatakan valid
dengan nilai koefisien korelasi 𝛼 = 0,92 berkategori sangat tinggi. Media juga
dikatakan praktis, berdasarkan hasil angket respon siswa dengan persentase 93,25%
dengan kategori baik. Keefektifan media didapatkan dari nilai tes hasil belajar
peserta didik yang dilakukan setelah menggunakan media. Berdasarkan data yang
diperoleh, semua siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal(KKM),
sehingga diperoleh presentase ketuntasan tes hasil belajar sebesar 100%