Pengaruh Social Media Marketing dan Brand Image Terhadap Keputusan Berkunjung ke Desa Wisata Sidomulyo di Kabupaten Jember
Abstract
Pariwisata menjadi salah satu potensi untuk meningkatkan perekonomian didaerah-daerah salah satunya di kabupaten Jember. Jember memiliki beragam wisata didalamnya, salah satunya yaitu Desa Wisata (Deswita) Sidomulyo merupakan desa wisata berbasis wisata edukasi, alam dan budaya. Persaingan dalam industri pariwisata seiring waktu semakin ketat, mengharuskan Deswita Sidomulyo melakukan strategi pemasarannya melalui social media marketing (SMM). SMM merupakan strategi pemasaran menggunakan media sosial sebagai sarananya. Brand image dibutuhkan pada suatu destinasi wisata. Brand image merupakan persepsi konsumen pada suatu merek. Brand image yang positif dari wisata dapat mempengaruhi keputusan berkunjung wisatawan. Penelitian ini menguji pengaruh SMM dan brand image terhadap keputusan berkunjung ke Desa Wisata Sidomulyo di Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung Deswita Sidomulyo. Teknik penarikan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan sampel berjumlah 130 responden. Penelitian ini menyebarkan kuesioner secara langsung kepada pengunjung dan selanjutnya di analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan SMM dan brand image berpengaruh secara simultan terhadap keputusan berkunjung. Secara pasrsial SMM berpengaruh terhadap keputusan berkunjung, brand image berpengaruh terhadap keputusan berkujung.