• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Akuntabilitas Proses Pelayanan Izin Usaha di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Ananda Prihartini-190910201021.pdf (2.000Mb)
    Date
    2023-07-11
    Author
    PRIHARTINI, Ananda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Akuntabilitas merupakan syarat terhadap terciptanya penyelenggaraan pemerintahan yang baik, demokratis dan amanah (good governance). Kelembagaan pemerintahan yang berakuntabilitas publik berarti lembaga tersebut senantiasa mau mempertanggungjawabkan segala kegiatan yang diamanati oleh rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis akuntabilitas proses pelayanan izin usaha di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Fokus penelitian adalah terkait akuntabilitas proses pelayanan izin usaha. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penentuan informan yang dipakai peneliti adalah purposive. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dengan analisis data model interaktif dari (Miles, Huberman dan Saldana, 2014) yang meliputi kondensasi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akuntabilitas proses pelayanan izin usaha yang dilakukan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jember dari segi prosedur, responsivitas, jangka waktu dan biaya sudah terlaksana dengan baik. Namun perlu adanya peningkatan penyampaian informasi pelayanan kepada masyarakat terkait prosedur, biaya, serta jangka waktu pelayanan. Sosialisasi menjadi kata kunci agenda perbaikan ke depan. Selain itu perlu adanya dukungan infrastruktur sistem yang baik. Ketersediaan infrastruktur sistem sangat mendukung pelayanan izin usaha melalui Online Single Submission Risked Based Approach.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122405
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5691]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository