Pengaruh Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar terhadap Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas IV Sdn Tanggul Wetan 04 Jember
Abstract
Pendekatan contextual teaching and learning (CTL) merupakan salah satu pendekatan yang dapat digunakan oleh guru untuk membantu meningkatkan kemampuan menulis puisi yang dimiliki siswa. Pendekatan ini sangat efektif karena dalam penerapannya mengarah pada kenyataan yang ada di sekitar pelaku pembelajaran, baik dari lingkungan guru maupun lingkungan siswa. Pendekatan CTL diharapkan dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi, apalagi jika disertai dengan penggunaan media pembelajaran. Penggunaan media kartu kata bergambar dimaksudkan untuk membantu siswa dalam menstimulus imajinasinya, dan membantu memudahkan dalam proses pemilihan kata atau diksi yang akan digunakan dalam puisi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tanggul Wetan 04 Jember yang berjumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes yaitu pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t sampel terpisah atau independent sample test dengan bantuan SPSS versi 22 pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 2,583 > 2,028 sehingga menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan Pendekatan contextual teaching and learning (CTL) menggunakan media kartu kata bergambar.